27 May 2023, 19:03 WIB

Menko PMK Sebut Yasona Laoly Sosok yang Responsif


Syarief Oebaidillah |

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly sebagai sosok yang sangat responsif. Hal itu diungkapkan Muhadjir dalam peluncuran buku "Anak Kolong Menjemput Mimpi: Biografi Politik 70 Tahun Prof Yasonna H Laoly S.H M.Sc Ph.D", di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, Sabtu (27/5).

"Pada periode pertama dan kedua bekerja sama, saya merasa nyaman dengan beliau. Orang yang sangat responsif, mudah diajak kerja sama dan paham betul apa yang menjadi kepentingan bersama dalam menangani masalah kenegaraan," ujar Muhadjir.

Muhadjir mengaku belum begitu lama berinteraksi dengan Yasonna. Namun, dirinya merasa klop dengan Yasonna karena memiliki latar belakang yang mirip.

"Hal itu terjadi mungkin karena beberapa faktor. Pertama, usia terpaut tidak terlalu jauh. Yang jelas saya agak lebih muda. Sama sama berlatar belakang aktivis mahasiswa. Juga sama-sama berasal dari dosen. Sehingga frekuensinya sama ketika kita harus bertransaksi berbagai macam urusan," ujar Muhadjir.

Salah satu kesan Muhadjir dalam menjalani tugas negara bersama Yasonna adalah dalam mengurus kebijakan zonasi sekolah. Muhadjir yang sewaktu itu masih menjabat sebagai Mendikbud menceritakan problema kepada Yasonna dalam penetapan kebijakan zonasi sampai semalaman suntuk melalui telepon. Kebijakan yang sempat menjadi gonjang ganjing di tengah masyarakat itu pada akhirnya segera ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah yang bertujuan untuk pemerataan akses pada layanan pendidikan, serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

"Saya juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-70 kepada Bapak Prof Yasonna Hamonangan Laoly Semoga Tuhan memberkati panjang umur, sehat wal afiat dan bahagia. Semoga Tuhan memberi kekuatan dalam melaksanakan tugas kepartaian maupun tugas kenegaraan. Yang tidak kalah penting semoga selera mudanya tetap terpelihara," ucapnya. (RO/R-2)

BERITA TERKAIT