15 March 2023, 19:24 WIB

Amartha Foundation Kembali Gulirkan Beasiswa, Kuota Diperbanyak


Ghani Nurcahyadi |

YAYASAN Tanggung Renteng Sejahtera (Amartha Foundation) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Amartha Cendekia gelombang dua dengan kuota yang lebih banyak, yaitu 150 siswi Sekolah Menengah Atas. 

Amartha Foundation turut menggandeng Indonesia Mengajar, lembaga yang berfokus di bidang pendidikan, untuk meningkatkan kualitas seleksi dan pendampingan para penerima beasiswa.

Program Beasiswa Amartha Cendekia merupakan inisiatif dari Amartha.org yang diluncurkan pada April 2022 dengan memberikan dana pendidikan dan pendampingan persiapan kelulusan kepada pelajar perempuan kelas XII SMA/SMK sederajat, baik dari anak mitra Amartha maupun pelajar umum. 

Baca juga : Media Group Network Berikan Beasiswa kepada 64 Anak Karyawan Terpilih

Program itu dilatari oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mengenai angka partisipasi kasar perguruan tinggi, bahwa sebanyak 68,81% lulusan sekolah menengah di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Chief Risk & Sustainability Ofcer Amartha Aria Widyanto mengungkapkan, pihaknya meyakini setiap individu berhak memiliki peluang untuk lebih sejahtera dan menjadi versi terbaik dari dirinya. Hal ini sangat dipengaruhi salah satunya oleh kualitas pendidikan. 

Baca juga : Dirikan Isbanban, Panji Aziz Pratama Bantu Cerdaskan Anak-Anak Banten

"Sayangnya, bagi mereka yang berada di lapisan piramida terbawah, dukungan untuk menempuh pendidikan masih sulit untuk didapatkan. Oleh sebab itu, Amartha memberikan akses berupa bantuan pendidikan dan pendampingan belajar sebagai kontribusi dalam menghadirkan kesetaraan di bidang pendidikan, agar generasi muda, khususnya anak perempuan di pelosok desa, juga dapat berkesempatan mewujudkan kesejahteraan bagi keluarganya di masa mendatang," ujarnya.

Beasiswa Amartha Cendekia ini menargetkan sebanyak 1.730 kuota penerima beasiswa dapat didistribusikan dengan total dana mencapai lebih dari 8 miliar rupiah dalam kurun waktu lima tahun.

“Dampak di masa mendatang yang diharapkan dari inisiatif ini adalah generasi muda Indonesia yang memiliki kesempatan lebih baik dalam mengakses pendidikan, mampu mengeluarkan potensi mereka dan memiliki pilihan yang lebih luas di masa depan. Dengan begitu terbentuk sebuah dunia di mana setiap orang mampu belajar dan berdaya.”, tutup Aria.

Program beasiswa Amartha Cendekia gelombang pertama telah berlangsung pada 2022 dan sukses membuahkan kemajuan, di mana 96.5% pelajar penerima beasiswa memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Dari gelombang pertama tersebut, Amartha menyadari adanya peluang untuk meningkatkan kualitas pendampingan belajar, seperti menghadirkan kakak asuh yang berkualitas, menyediakan kelas sampai persiapan kuliah dan mencari beasiswa di Universitas.

Pada gelombang kedua, Amartha berkolaborasi dengan Indonesia Mengajar sebagai community partner yang bertugas membantu Amartha dalam menyempurnakan proses yang terdahulu seperti partisipasi dalam seleksi penerimaan siswa, pembuatan autoscoring, manajemen kelas, serta kelas inspirasi.

Partnership Manager Indonesia Mengajar Alief Wicaksono menjelaskan, pendidikan adalah urusan bersama dan dalam hal ini pihaknya sangat mendukung serta terlibat aktif dalam program Beasiswa Amartha Cendekia dalam memberikan dukungan pendidikan yang berkualitas kepada anak perempuan di pedesaan Indonesia. (RO/Z-5)

BERITA TERKAIT