26 February 2023, 10:00 WIB

Ibu dan Anak Lulus Cumlaude Doktor dan Diwisuda Bersama di UNS


Widjajadi |

SEMANGAT belajar dipraktikkan ibu dan anak yang sama-sama meraih gelar doktor (S-3) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah. Keduanya pun berbarengan diwisuda pada Sabtu (25/2) di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS.

Ajibnya, ibu dan anak itu memperoleh nilai cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,93. Keluarga bahagia dan sukses itu adalah Dr. Novi Primadewi, dr., Sp.THT-KL(K).,M.Kes. dan putranya Dr. Muhammad Bagus Adi Wicaksono, S.H., M.H.

Mereka menjadi bagian dari 1.531 wisudawan. Novi Primadewi merupakan lulusan S-3 dari Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) UNS, sementara putera tercintanya, Muhammad Bagus Adi Wicaksono lulusan S-3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) UNS.

Usai diwisuda, Dr. Novi mengaku tidak menyangka akan diwisuda berbarengan dengan putra sulungnya dan dengan IPK yang sama persis. "Saya tidak menyangka sama sekali, jika diwisuda bersama si sulung. Saya yang lebih dulu kuliah S-3, eh ternyata lulus doktornya bisa berbarengan, dengan IPK yang sama pula," tutur perempuan pengajar di FK UNS ini dengan wajah berbinar.

Isteri dari Dr. Senyum Indrakila, selama ini membebaskan anak anaknya untuk mengambil jurusan yang mereka sukai dan cocok dengan talentanya. Novi dan Senyum sama sama berprofesi sebagai dosen dan dokter, sementara Bagus mengambil jurusan hukum.

"Kami memang memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk memilih profesinya, sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan, yang penting bisa bertanggung jawab dengan pilihannya," ucap ibu dua anak itu.

Kebahagiaan Dr. Novi sangat komplit. Sebab Bagus yang juga menjadi dosen di Program Studi (Prodi) D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil Sekolah Vokasi (SV) UNS, juga dinobatkan menjadi wisudawan doktor termuda dengan usia 26 tahun 7 bulan.

"Alhamdulillah memiliki putra yang semangat belajarnya tinggi. Setelah lulus sarjana langsung lanjut magister kemudian lanjut doktor. Ini adalah cara Allah Subhanawatala membahagiakan kami," sergah Novi sekali lagi.

Dia berpesan kepada para generasi muda, jangan lelah dalam belajar, karena belajar itu sepanjang masa.

Pada saat sama Dr. Muhammad Bagus Adi Wicaksono, S.H., M.H. mengaku bahagia dapat menjalani prosesi wisuda doktor bersama ibundanya. Ia bahkan menjadi wisudawan S-3 termuda.

"Ibu saya ini memiliki semangat belajar yang tinggi, saya sebagai anak beruntung memiliki sosok ibu seperti dia karena memberikan contoh yang baik bagi putra-putranya," ujar Bagus dengan wajah memancarkan suka cita.

Ia juga menyatakan terimakasih kepada ayahnya yang tidak kenal lelah berdoa dan mensuport dirinya dalam menyelesaikan gelar doktor. (OL-13)

Baca Juga: Jurusan IPS SMA Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Ini Pilihannya


 

BERITA TERKAIT