26 January 2023, 09:53 WIB

Manfaat Rumput Fatimah, Sebelum Minum Kenali Efek Sampingnya


Mesakh Ananta Dachi  |

RUMPUT fatimah atau Labisia Pumilia adalah jenis herbal yang dapat ditemukan di daratan Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia. Rumput fatimah menjadi jenis herbal yang cukup terkenal terutama di kalangan kaum hawa yang sedang dalam masa kehamilan. Karena, rumput fatimah dipercaya dapat menjadi herbal yang membantu persalinan dan kesehatan ibu hamil.

Melansir dari berbagai sumber, rumput fatimah memiliki kandungan zat yang menyerupai hormon estrogen (fitoestrogen) serta sifat antiradang dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan libido, meredakan gejala menopause dan meringankan nyeri saat menstruasi. 

Manfaat Konsumsi Rumput Fatimah

Rumput fatimah merupakan herbal yang dapat dikonsumsi dalam bentuk jamu atau teh herbal. Umumnya dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Maka, berikut adalah manfaat dari konsumsi rumput fatimah.

1. Merangsang kontraksi ibu hamil
2. Mempercepat pemulihan pasca melahirkan
3. Menjaga kesehatan payudara
4. Membantu meredakan gejala menopause
5. Membantu melancarkan haid
6. Mencegah keputihan yang berlebihan
7. Meningkatkan gairah seksual

Efek Samping Konsumsi Rumput Fatimah

Rumput fatimah yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat merangsang aktivitas hormon oksitosin, hormon yang dihasilkan oleh tubuh wanita ketika hendak melahirkan. Maka, apabila hormon ini muncul pada wanita, dapat menimbulkan kontraksi dan mempercepat proses persalinan, sebelum waktu yang optimal persalinan.

Maka, konsumsi rumput fatimah tanpa konsultasi dengan dokter atau tenaga medis dapat meningkatkan risiko persalinan prematur atau bahkan keguguran. Hal ini pastinya dapat berefek pada tingginya risiko cacat pada janin.(OL-5)

BERITA TERKAIT