25 January 2023, 19:20 WIB

Pemerintah Kukuh Pertahankan Usulan Penaikan Biaya Haji


Andhika Prasetyo |

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan pemerintah akan tetap mempertahankan usulan penaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan biaya perjalanan ibadah haji (bipih). Usulan tersebuT dibahas dan diputuskan bersama DPR RI.

"Itu kan usulan dari pemerintah, usulan sementara. Kita lihat bagaimana proses negosiasinya, proses ketemunya kesepakatan dengan DPR," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1).

Menurutnya, penaikan biaya haji harus dilakukan untuk menjaga dana subsidi tidak cepat habis. "Kalau tidak dinaikkan, tadi saya ngomong-ngomong dengan Pak Menteri Agama, kira-kira subsidi habis tidak sampai 10 tahun," tuturnya.

"Makanya ini kita upayakan ada penyesuaian agar keberlangsungan dari penyelenggaraan haji bisa terjamin."

Ia menjelaskan, selama ini para jemaah haji membayar biaya ibadah haji yang jauh di bawah harga yang seharusnya. Selisih biaya itu dibayarkan oleh pemerintah melalui dana yang dikelola BPKH.

"Kita memang mengharapkan dana yang sudah masuk dan masih antre itu diinvestasikan untuk dapat nilai tambah. Namun, itu kan belum maksimal. Kalau kenaikan ini ditunda-tunda, akan semakin membebani," pungkas Muhadjir. (OL-8)

BERITA TERKAIT