25 January 2023, 15:00 WIB

Pengertian Gabut, Cara Menghilangkan Rasa Kebosanan


Meilani Teniwut |

KATA gabut belakangan ini menjadi istilah yang populer di kalangan anak muda dalam mengekspresikan diri. Gabut bisa dikatakan sebagai contoh dari penggunaan bahasa slang atau tidak resmi tetapi sering digunakan oleh masyarkat dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika gabut, seseorang mudah merasa bosan dan jenuh karena sedang tidak memiliki aktivitas apapun untuk dikerjakan. Istilah ini juga semakin populer ketika pandemi berlangsung sebab situasi pandemi membuat aktivitas banyak orang menjadi terbatas, apalagi untuk mereka yang tidak terbiasa beraktivitas di rumah. Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai istilah gabut, bisa melihat ulasannya berikut ini.

Arti gabut

Gabut muncul dari kata magabut yang merupakan kependekan dari makan gaji buta. Melansir dari cashbac.com, magabut adalah kondisi seseorang tidak memiliki pekerjaan di tempat kerjanya tetapi tetap mendapatkan gaji. 

Seiring berkembangnya zaman, kita semakin sering menemukan modifikasi kata. Magabut perlahan berubah menjadi gabut. Arti gabut adalah gabungan dua kata yaitu gaji dan buta. Arti gabut bisa dideskripsikan sebagai kondisi seseorang sedang tidak memiliki kegiatan atau aktivitas tertentu di mana pun mereka berada.

Biasanya orang yang dilanda rasa gabut pasti akan merasa bosan dan berujung pada badmood. Banyak dari kita yang masih bingung harus melakukan sesuatu saat merasa gabut. Apabila sedang gabut dan bingung harus melakukan sesuatu, pastinya rasa bosan itu akan menjadi berlipat ganda.

Cara menghilangkan rasa gabut

1. Belajar memainkan alat musik.

Jika biasanya harimu diisi dengan rebahan sambil mendengarkan musik, kenapa tidak mencoba untuk belajar memainkan alat musik entah itu piano, gitar, drum, atau biola. Selain menyenangkan, belajar alat musik akan membantu kita menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Sebagai langkah awal, cobalah belajar musik secara otodidak melalui kanal Youtube. Ketika merasa nyaman, kembangkan potensi dengan mengikuti kursus atau belajar membuat lagu. Tidak hanya menghilangkan rasa bosan, bermain alat musik juga bisa membuat kita mengembangkan kreativitas.

2. Asah kemampuan menulismu.

Pada saat kamu dilanda oleh rasa gabut, cobalah lakukan pemanasan jari dan mulailah menulis. Tulisanmu tidak harus selalu berupa curhatan keseharian kok, kamu dapat melihat permasalahan atau isu yang sedang hangat di sekitarmu dan menuangkan opinimu ke dalam tulisan. 

Buatlah buat blog pribadimu dan publikasikan tulisanmu di sana. Menulis juga memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghilangkan rasa gabut, secara kesehatan menulis juga dapat membantu mempertajam pikiran dan terhindar dari masalah psikis. So, tunggu apalagi? Ayo mulai menulis saat kamu dilanda rasa gabut!

3. Ikut workshop edukatif dan asyik.

Tidak semua workshop itu membosankan loh! Saat ini kamu dapat dengan mudah menemui dan mengikuti workshop edukatif yang asyik. Tidak usah dipertanyakan lagi, akan ada banyak sekali manfaat dari mengikuti workshop, mulai dari mendapat ilmu, teman baru, hingga pengalaman baru. Ilmu yang kita dapatkan melalui workshop itu bisa menjadi nilai tambah untuk diri kita loh, lumayan kan?

4.  Membaca buku.

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang kamu lakukan untuk membunuh rasa gabut. Selain untuk merilekskan pikiran, membaca buku juga dapat membantu kamu melupakan tekanan sejenak. 

Kamu tidak harus membaca buku yang berat, pilihlah buku yang sesuai dengan dirimu. Pilih posisi paling nyaman agar kamu menjadi lebih fokus saat membaca. Apabila persediaan membacamu sudah habis, kamu dapat meminjam buku kepada kerabat atau membaca buku secara online.

5. Olahraga.
 
Gabut bisa dihilangkan dengan berolahraga. Dengan berolahraga, waktu dapat dimanfaatkan dan memperoleh kesehatan serta kebugaran tubuh.  Lama waktu dan intensitas olahraga bisa dipilih sesuai kondisi.

6. Bersih-bersih rumah.

Waktu gabut adalah waktunya kamu cek kebersihan rumahmu. Kamu dapat memulainya dengan membereskan kamarmu terlebih dahulu. Bereskan hal yang bisa kamu bereskan mulai dari kasur, rak buku, meja rias, dan sebagainya. 

Apabila kamu telah selesai dengan kamar, lanjutkanlah dengan membereskan ruangan lain seperti ruang tamu, dapur. Bila memiliki waktu lebih, kamu dapat membersihkan kamar mandi. Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kita lakukan karena dengan menjaga kebersihan secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan. Maka dari itu, membersihkan rumah ialah hal tepat untuk kamu lakukan saat sedang gabut. Selain rumahmu menjadi bersih, tubuhmu juga menjadi sehat.

7. Meditasi.

Mereka yang hobi rebahan cenderung malas melakukan kegiatan yang melibatkan fisik seperti olahraga atau menari. Jika kamu termasuk salah satunya, lakukan aktivitas alternatif lain yang bisa membantu menyehatkan fisik, pikiran, dan merelaksasi tubuh seperti meditasi.

Meskipun kelihatannya sepele, rutin melakukan meditasi terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga mengatasi insomnia. Agar tidak bosan, sesekali kamu bisa melakukan gerakan yoga sederhana sehingga tubuh semakin sehat.

8. Belajar masak.

Biasa makan camilan sambil rebahan? Kenapa tidak mencoba belajar masak sebagai salah satu tips mengatasi gabut. Belajar masak yang dimaksud tidak selalu tentang menu rumit ala restoran atau rumah makan Padang. Kamu bisa mulai belajar masak dari hal-hal kecil seperti membuat dessert atau minuman viral.

Cara belajarnya pun bisa dilakukan sambil rebahan dengan melihat tayangan Youtube atau video Tiktok. Agar tidak cepat bosan, pilih menu yang bahan dan alatnya mudah ditemukan di rumah. Jika mulai percaya diri, jangan ragu untuk merekam ativitas belajarmu ini ke media sosial.

Siapa tahu dari keisengan tersebut kamu bisa lebih kreatif dalam membuat menu baru dan mendapat penghasilan dari konten masak yang dilakukan. Seru bukan?

9.  Cari teman mengobrol.

Mengobrol dengan teman menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Kamu bisa membicarakan topik apa saja dengan temanmu. Tentang keseharian kamu, masalah hidup, hobi, atau apa pun yang dirasa perlu untuk dibicarakan. Hal ini juga bermanfaat karena kamu bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Dengan suasana malam yang sunyi dan tenang, obrolan kamu akan jadi lebih hangat. Kamu bisa leluasa mengungkapkan emosi yang kamu rasakan kepada temanmu. 

10. Bermain gim.

Bagi yang cepat bosan dengan suatu aktivitas karena merasa kurang tertantang, bermain gim bisa menjadi kegiatan alternatif untuk menghilangkan ke-gabut-an. Kamu bisa bermain gim yang memiliki misi sulit agar senantiasa terpacu untuk memenangkan setiap levelnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT