25 January 2023, 14:15 WIB

Beda Asmaul Husna Allah Asy-Syahid dengan Al-Khabir dan Al-Alim


Meilani Teniwut |

ASMAUL husna atau nama-nama terindah Allah SWT kali ini kita akan mempelajari Asy-Syahid. Asyahid berarti Zat yang menyaksikan atau mengetahui. 

Yang perlu kita cermati salah satu asmaul husna Allah, Asy-Syahid, masih berkaitan dengan asma Allah yang lain, yaitu Al-Khabir dan Al-'Alim. Jika dilihat dari segi makna secara umum tentu ada kemiripan, yaitu sama-sama mengetahui segala sesuatu. Berikut penjelasannya dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram.

Asy-Syahid, Al-Khabir, Al-'Alim 

Namun, ada yang membedakan antara Asy-Syahid, Al-Khabir, Al-Alim. As-Syahid bermakna pengetahuan yang dikaitkan dengan hal-hal yang zahir atau tampak. Al-Khabir punya pengetahuan yang dikaitkan dengan hal-hal gaib atau tidak tampak. 

Baca juga: Kisah Ayah Ajarkan Anak yang Merasa Capai Berbuat Baik

Sedangkan Al-'Alim berarti pengetahuan secara mutlak atau global. Lebih gampangnya, Al-Alim mengetahui segala sesuatu, baik tampak ataupun tidak tampak.

Hikmah Asy-Syahid

Dari asma Allah Asy-Syahid, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa baik dan buruknya amal seseorang pastinya tidak akan luput dari persaksian Allah. Seumpama manusia mengerjakan kejelekan yang tak pernah satu orang pun menyaksikan-Nya akan tetapi Allah akan menyaksikan yang ia perbuat. Bahkan seseorang melakukan perbuatan tercela di kegelapan malam, tak sedikit pun persaksian Allah akan luput dari hal itu.

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Baits Membangkitkan Semua Manusia yang Mati

Begitu pula sebaliknya. Sekecil apapun seseorang melakukan amal kebaikan, disengaja ataupun tidak, Allah tidak akan pernah lupa menyaksikan yang ia perbuat. (OL-14)

BERITA TERKAIT