24 January 2023, 08:45 WIB

Pengertian Stretching, Jenis Gerakan Dasar dan Manfaatnya


Mesakh Ananta Dachi |

PEREGANGAN atau stretching merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu tubuh untuk lebih lentur dan kuat. Selain itu, peregangan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Peregangan dapat dilakukan dengan gerakan yang sederhana, dan bahkan tanpa bantuan alat. 

Peregangan atau stretching adalah aktivitas tubuh yang dilakukan untuk membuat otot lebih lentur dan juga kuat. 

Baca juga: Bukan hanya Aerobik Latihan yang Perlambat Penurunan Kognitif Ringan

Umumnya, peregangan dilakukan pada awal atau akhir dari bagian olahraga inti. Namun, peregangan juga dapat dijadikan sebagai sebuah gerakan olahraga inti. Karena, peregangan juga yang memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh.

Manfaat stretching

Sesuai dengan pengertiannya, peregangan atau stretching dapat menciptakan otot yang lebih lentur dan juga kuat. Peregangan yang dilakukan dengan rutin serta gerakan yang benar dapat menciptakan tubuh yang lebih fleksibel. Hal itu disebabkan oleh aktivitas peregangan yang umumnya membutuhkan gerakan yang mengoptimalkan persendian pada tubuh. 

Selain dari itu, peregangan yang rutin dilakukan bukan hanya akan menciptakan fisik yang sehat, namun juga mental yang lebih sehat. 

Beberapa peregangan seperti yoga, juga merupakan sebuah aktivitas yang tidak hanya bertumpu pada penciptaan tubuh dan fisik yang sehat, namun juga mental yang lebih rileks dan tenang.

Peregangan yang baik juga akan menciptakan postur yang lebih baik. Peregangan yang baik membantu pengoptimalan persendian dengan gerakannya yang fleksibel. 

Maka, hal ini juga membantu untuk menciptakan postur tubuh yang lebih baik dan juga tegak.

Jenis stretching

1. Static Stretching

Pada peregangan statis, Anda dapat melakukannya dalam kurun waktu 10-30 menit. Beberapa gerakan peregangan statis seperti, posisi duduk lalu membungkukan badan sampai wajah menyentuh lutut atau dengan posisi tengkurap lalu mengangkat badan dan menopangnya dengan tangan hingga otot perut terasa tertarik. 

2. Dynamic Stretching

Selanjutnya, adalah peregangan dinamis. Pada peregangan dinamis, Anda dapat melakukan peregangan dengan gerakan yang berbeda. Misalnya, Anda dapat melakukannya dengan posisi berdiri dengan kedua tangan terbuka ke samping, sejajar dengan bahu. 

Lalu dilanjutkan dengan gerakan memutar kedua tangan kedepan dan belakang hingga 20 kali, lalu Anda dapat mengulanginya kembali. (OL-1)

BERITA TERKAIT