24 January 2023, 07:30 WIB

Apa yang Dimaksud Satuan Kodi? Ini Cara Menghitung dan Jenis Satuan Matematika


Mesakh Ananta Dachi |

KODI merupakan salah satu satuan yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari, terutama pada saat transaksi jual-beli. Hal itu karena kodi yang digunakan pada satuan barang yang umumnya bersifat komersial, seperti kain, sepatu, kayu, tas dan barang barang lainnya. Maka, berikut adalah penjelasan mengenai satuan kodi.

Pengertian kodi

Satuan kodi adalah satuan matematika yang menunjukkan jumlah dari 20 buah barang. Maka, dapat disimpulkan bahwa 1 kodi sama dengan 20 barang. 

Baca juga: Siswa SD Pedalaman NTT Juara Kompetisi Matematika Internasional

Lebih lanjut lagi, Anda dapat mengkumulatifkan jumlahnya lagi. Maka, 2 kodi sama dengan 40 barang, dan 3 kodi sama dengan 60 barang. Begitu seterusnya.

Umumnya, jenis barang yang digunakan pada satuan kodi adalah barang barang yang bersifat komersial, seperti kain, kayu, sepatu, tas, dan barang barang lainnya. Oleh karena itu, kodi sering digunakan pada saat aktivitas transaksi dilakukan.

Jenis satuan lain

Pada saat melakukan aktivitas niaga atau jual beli, kita tidak hanya dihadapkan pada satuan seperti kodi. Beberapa satuan lainnya juga sering digunakan seperti lusin, rim dan satuan lainnya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Satuan lusin

Satuan lusin menunjukkan sebuah barang yang berjumlah 12. Maka, 1 lusin sama dengan 12 barang. Lusin sering digunakan pada benda benda yang umum digunakan seperti gelas, piring, buku, dan juga sembako.

2. Satuan rim

Satuan rim pada umumnya digunakan pada kertas yang memiliki jumlah yang banyak pada sebuah paket. 1 rim memiliki jumlah sama dengan 500 helai atau lembar. 

Meskipun begitu, rim tidak hanya digunakan pada barang berupa kertas, kain atau helai kain juga dapat menggunakan satuan rim. (OL-1)

BERITA TERKAIT