23 January 2023, 20:34 WIB

Jika Dibandingkan dengan Umrah, Biaya Haji Sudah Rasional


Dinda Shabrina |

KEPALA Badan Pengelola Keuangan Haji Fadlul Imansyah menyampaikan skema pembiayaan 70 dan 30 yang diusulkan Kemenag sudah sangat rasional. Dia membandingkan dengan biaya umrah dalam kondisi normal yang berkisar Rp30 juta selama 9-10 hari perjalanan. Fadlul menyebut biaya haji semestinya empat kali dari biaya umrah.

“Bayangkan kalau misalnya haji itu 40 hari. Berarti kan paling mudahnya kita hitung, Rp30 juta dikali empat, sekitar 120 juta selama 40 hari. Asumsi Rp30 juta itu yang umrah bukan peak season, kondisi normal. Bisa dibayangkan, angka yang diusulkan Kemenag Rp69 juta itu kalau dibandingkan dengan umrah, saya rasa itu sangat signifikan. Yang disebutkan tadi soal pesawat dan sebagainya, itu bisa dinegosiasikan kembali. Itu nanti kembali lagi ke ranahnya Kemenag dan Komisi VIII seperti apa keputusannya,” jelas Fadlul dalam Prime Time News MetroTV, Senin (23/1).

Fadlul menyebut pihaknya hanya berfokus pada mengoptimalkan hasil investasi dana manfaat haji. Ke depannya, kata Fadlul, dana haji yang dikelola BPKH harus memperoleh nilai manfaat paling tidak 60 persen.

Baca juga: Pasca-Imlek, Jumlah Pasangan yang Ingin Menikah Alami Peningkatan

“Asumsinya ke depannya double digit. Pun double digit, itu kan selisihnya masih 50 persen lagi. artinya memang, harus ada penyesuaian dari sisi setoran yang harus disetorkan jemaah haji,” ucap dia.

“Misalnya kita menjalankan investasi di ekosistem perhajian. Yang mana ke depannya kita ikut melakukan price control terhadap setiap biaya yang dikeluarkan syarikah atau yang lainnya. Sehingga kita punya ruang negosiasi ke depannya untuk bisa lebih mengefisiensikan hasil investasi saya rasa itu kombinasi yang cukup baik,” tambah Fadlul. (OL-4)

BERITA TERKAIT