23 January 2023, 18:11 WIB

Berkah Imlek, Seniman Wayang Potehi Banjir Order


Heri Susetyo |

SETELAH pemerintah mencabut status PPKM, seniman wayang potehi kembali kebanjiran order pertunjukan. Bahkan sejumlah permintaan pertunjukan dari luar kota ditolak, karena padatnya jadwal manggung.

Pertunjukan wayang potehi ini memang biasa ditampilkan saat menyambut Imlek. Namun kondisi pandemi covid tahun-tahun lalu, mengakibatkan perayaan Imlek ditiadakan.

Wayang potehi adalah kesenian klasik yang lahir di negeri Tirai Bambu. Wayang potehi berciri khas menggunakan boneka pakaian tradisional Tionghoa.

Pujiono, seniman wayang potehi asal Surabaya mengaku harus menolak order dari sejumlah kota, seperti Jakarta dan Bali. Pujiono lebih memilih untuk melayani order tampil, dari wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya terlebih dulu. "Tahun ini mulai ramai, Imlek sebelumnya karena covid-19 tidak ada pertunjukan," kata Pujiono.

Di sebuah pusat perbelanjaan Kota Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/1) digelar pertunjukan wayang potehi dalam rangka menyambut Imlek. Pertunjukan wayang potehi yang jarang digelar ini, cukup menarik minat pengunjung pusat perbelanjaan untuk melihatnya, walaupun tidak sampai selesai.

Para pengunjung terlihat berhenti menikmati wayang potehi meskipun hanya beberapa menit. "Ini pertunjukan langka, biasanya saat Imlek dan cukup menghibur," kata Bowo, salah satu pengunjung mal.

BERITA TERKAIT