23 January 2023, 17:44 WIB

Kepala BPIP Resmikan Masjid Luthfi Al-Mukhlisin Disambut Antusias Warga   


mediaindonesia.com |

KEPALA Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D didampingi Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum meresmikan Masjid Luthfi Al-Mukhlisin di Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Senin, (23/1).

Dalam Sambutannya, Kepala BPIP berharap Masjid yang merupakan sarana ibadah umat muslim ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Ia juga mengapresiasi kepada masyarakat, inisiator dan para donatur karena sudah memiliki niat baik membangun sarana ibadah untuk umat muslim. 

Ia menekankan adanya Masjid ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Dengan adanya masjid ini kita sebagai muslim harus memperbaiki agama dan memperbaiki shalat kita", tegasnya.

Ia juga berharap umat muslim harus mencintai Tanah Air dan menjadi muslim Nasionalis. "Muslim itu harus menjadi orang yang mencintai Tanah Air, muslim harus nasionalis," ujarnya.

Baca juga: BPIP Ajak DPRD Bandung Amalkan Pancasila dalam Tindakan

Tidak hanya itu, ia menjelaskan di dalam Islam banyak jenis pahala yang didapatkan jika berbuat baik untuk kepentingan orang lain.

"Dalam islam pahala itu tidak habis-habis, bisa berlipat-lipat, bisa tujuh kali lipat, bisa seluas langit dan bumi" paparnya.

Ia bahkan mengatakan pahala untuk yang membangun sarana ibadah tidak akan putus, selama masjid tersebut ada dan digunakan oleh masyarakat. 

"Hadis Rasul mengatakan barang siapa yang melakukan kebaikan, dia akan diberikan pahala sesuai seperti orang melaksanakan petunjuknya." 

"Pahala itu tidak akan terputus selama Masjid ini dijadikan shalat oleh warga", terangnya.

Ia bahkan memberikan nama Masjid tersebut yaitu Luthfi Al-Mukhlisin yang artinya "Kelembutan yang Murni atau Ikhlas".

Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum mengapresiasi kepada arsitek yang membuat masjid tersebut. Bahkan ia memberikan cinderamata sebagai bentuk terimakasih. 

"Selain arsitek yang sangat luar biasa, kami juga apresiasi kepada panitia pembangunan Masjid ini, kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi", ucapnya.

Di samping itu, ia juga bangga dengan proses perizinan yang sudah diselesaikan dengan baik sebelum masjid ini mulai dibangun.

"Status hukum masjid ini alhamdulillah sudah selesai, bahkan sebelum dibangun sudah selesai", ujarnya.

Ia berharap pembangunan sarana Ibadah dimanapun harus diselesaikan terlebih dahulu segala urusan perizinannya, sehingga tidak dipersoalkan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat dan pemerintah Desa sampai dengan Pemerintah Daerah", paparnya.

Diharapkan berdirinya Masjid Luthfi Al-Mukhlisin ini dapat bermanfaat kepada masyarakat dan dapat membantu Warga supaya lebih dekat untuk beribadah.

"Masjid ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung dalam peningkatan kualitas dan ilmu keagamaan", harapnya.

Dirinya juga menjelaskan Masjid tersebut dapat digunakan oleh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan Suku, Agama, Ras atau Antar Golongan lainnya.

"Masjid ini juga dapat digunakan semua golongan menjadi penerang Islam Rahmatan Lil Alamin, Islam yang ditengah kehidupan masyarakat dapat mewujudkan Kedamaian", tutupnya.

Camat Colomadu Suyono Budi Santoso yang mewakili masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada BPIP, donatur dan semua pihak yang sudah membangun Masjid.

Ia mengakui warga setempat sangat terbantu dengan dibangunnya masjid tersebut. Ia berharap warga dapat memanfaatkan dan merawat rumah ibadah tersebut.

Ia juga menegaskan Masjid ini bukan untuk golongan tertentu tetapi terbuka untuk umum. "Masjid ini bukan untuk ormas tetapi terbuka untuk umum", tegasnya. 

Ia juga berharap program-program Masjid ini dapat berdampak baik bagi warga setempat terutama masyarakat kurang mampu

"Program-program masjid ini bisa mentuh warga setenpat khususnya yang kurang mampu," harapnya. 

Peresmian Masjid ini juga mendapatkan selamat dan apresiasi dari Ketua Dewan Pengarah BPIP Prof. Dr. (H.C) Hj. Megawati Soekarnoputri karena bertepatan dengan Ulang Tahunnya yang ke-76. 

Dalam kesempatan tersebut Hadir Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.IP., M.Si, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah H. Mustain Ahmad, S.H., M.H., Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP, Pemerintah Daerah Setempat dan tamu undangan lainnya. (ER/OL-09)

BERITA TERKAIT