08 December 2022, 11:45 WIB

Ini Daya Tarik Laki-Laki Menurut Perempuan Indonesia


Basuki Eka Purnama |

WANGI tubuh ternyata menjadi salah satu daya tarik utama seorang laki-laki bagi perempuan di Indonesia. Hal itu terungkap dalam ZAP Beauty Index 2023 yang diumumkan Rabu (7/12).

"Yang menjadi daya tarik laki-laki menurut perempuan Indonesia adalah wangi badan. Wangi yang sehat menjadi daya tarik, setelah pengetahuan. Tampan adalah bonus," kata Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry di Jakarta.

Survei tahunan yang memotret perilaku perempuan Indonesia mengenai dunia
kecantikan itu melibatkan sekitar 9.000 responden perempuan atau meningkat sebanyak 3.000 orang dari survei pada 2021. Mereka ini berusia 15 hingga 65 tahun dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Kesadaran Pria Rawat Kulit Naik, Klinik Erha Hadirkan Gentlemen Program

Wangi tubuh berada di urutan ketiga dengan persentase 67,5%. Sementara urutan kedua dan pertama yakni pengetahuan yang luas serta personality dan attitude yang baik dengan persentase masing-masing 77,3% serta 87,5%.

Berbicara mengenai kriteria fisik laki-laki idaman di Indonesia, para responsen menyebut tidak berkumis dan berjanggut. 

Menurut Yosanova, ini kebalikan dari tren pada beberapa waktu lalu.

"Ternyata lagi nge-tren, tidak berjanggut menjadi kriteria utama idaman perempuan Indonesia," tutur dia.

Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung, dan bahu atau dada yang bidang juga membuat perempuan mudah jatuh hati.

Survei ZAP dilakukan bekerja sama dengan MarkPlus telah dilakukan sejak 2018 dan berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. 

Tahun ini, terkait kriteria laki-laki idaman, survei pun menyoroti perempuan menyukai laki-laki yang peduli dengan penampilan.

Mayoritas atau sebanyak 95,1% perempuan setuju bahwa laki-laki memerlukan perawatan kulit dan mengapresiasi kaum adam yang menggunakan produk perawatan kulit setiap hari secara rutin. 

Sekitar 82,9% perempuan setuju bahwa penting bagi laki-laki untuk melakukan perawatan kulit di klinik.

Menurut survei, temuan ini menjadi bukti bahwa perempuan tidak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus bagi perempuan, karena untuk menjadi idaman para perempuan, para laki-laki perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT