06 December 2022, 23:57 WIB

Manfaat Daun Binahong, Ini Cara Mengkonsumsinya


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

APAKAH Anda pernah mendengar tentang daun binahong? Daun binahong memiliki nama latin Anredera cordifolia. Daun ini merupakan tanaman merambat yang daunnya berbentuk hati. Masyarakat juga mengenal daun ini dengan sebutan Deng San Chi yang menjadi obat tradisional karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun binahong mengandung nutrisi seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta karoten. Kandungan senyawa aktif pada daun binahong memiliki manfaat kesehatan seperti berikut.

Baca juga: Peraturan Tentang Disabilitas di Indonesia Masih Minim

1.    Obat Luka Bakar
Daun ini memiliki kandungan saponin yang berperan sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi bakteri penyebab lambatnya penyembuhan luka. Senyawa di dalamnya, mampu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit. Kemudian kandungan flavonoid pada daun binahong juga terbukti sangat efektif mengurangi peradangan. Sementara itu, kandungan tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka sehingga bisa menghentikan produksi nanah, pendarahan ringan dan juga mempercepat kulit menutup luka.

2.    Meningkatkan Fungsi Ginjal
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada ekstrak daun binahong dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi ginjal pada penderita gagal ginjal kronis.

3.    Obat Hipertensi
Selain untuk meningkatkan fungsi ginjal, ekstrak daun binahong juga memiliki efek untuk menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin. Hal tersebut sama seperti efek dari obat untuk menghambat beta dan diuretik sebagai obat hipertensi.

4.    Mencegah Penyakit Jantung
Ekstrak daun binahong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak yang ada di dalam darah. Gabungan antara efek antihipertensi dan penurunan kolesterol ini sangat baik untuk mencegah gagal jantung, serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.

5.    Mengobati Anemia
Zat besi pada daun binahong mampu memicu produksi sel darah merah pada tubuh dan menjadi obat untuk penderita anemia.

6.    Mencegah Risiko Diabetes
Kandungan senyawa steroid, flavonoid dan kumarin memiliki khasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus serta meningkatkan produksi insulin. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

7.    Obat Gatal
Dengan sifat anti jamurnya, kandungan flavonoid dan saponin dapat mengobati gatal-gatal pada kulit.

8.    Obat Asam Urat
Anda dapat merebus daun binahong dan mengonsumsi air rebusan tersebut. Air rebusan daun herbal ini bisa menurunkan purin penyebab asam urat.

9.    Mempercantik Kulit
Rebusan air daun binahong dapat mencerahkan kulit, membersihkan muka, memperkencang kulit wajah, dan menghaluskan kulit wajah. Anda juga dapat menggunakan tumbukan daun binahong untuk masker wajah Anda selama 10 menit. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi daun binahong adalah sebagai berikut.

1.    Daun binahong memiliki efek samping seperti menyebabkan mual, muntah-mual, alergi, jantung berdebar-debar, dan pusing. 
2.    Tidak mengonsumsi secara berlebihan.
3.    Stop konsumsi jika memiliki riwayat alergi pada daun binahong.
4.    Ibu hamil dan menyusui dilarang mengonsumsi daun binahong.
5.    Jangan memberikan daun herbal kepada anak-anak yang masih di bawah umur.
6.    Kunjungi dokter apabila terdapat efek yang tak kunjung hilang.

(OL-6)

BERITA TERKAIT