01 December 2022, 23:25 WIB

One Health Cegah Penularan Penyakit dari Hewan ke Manusia


M Iqbal Al Machmudi |

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan kebijakan one health sangat penting dalam upaya pencegahan pandemi di masa yang akan datang. One health merupakan kolaborasi dari berbagai sistem disiplin ilmu untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dari hewan ke manusia.

"Perencanaan tindakan menegaskan kembali peran sentral One Health tentu saja untuk memastikan pencegahan pandemi yang efektif, kesiapsiagaan dan tanggap darurat," kata Dante dalam webinar National Media Workshop in Indonesia, Kamis (1/12).

One health merupakan bagian dari ketahanan dan kesiapan global dalam menghadapi penularan penyakit dari hewan ke manusia apalagi bisa menyebabkan pandemi selanjutnya dan membangun sistem kesehatan global.

Dengan memperkuat komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara sektor kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan hak akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menerapkan mekanisme preferensi kesiapsiagaan dan respons untuk menghadapi kesehatan masyarakat, ancaman, dan krisis di masa mendatang

"Kesehatan adalah bagian dari kebersamaan kita untuk membangun sistem kesehatan global," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan menjelaskan dalam menghadapi pandemi perlunya pendekatan one health. Hal tersebut tercermin ketika dunia menghadapi pandemi kemarin yang mana semua sektor ikut bergerak.

"Kemarin ketika penanganan covid-19 semua sektor bergerak. Jadi dari pusat hingga dinas bisa bergerak menjadi dinas kesehatan yang menyampaikan informasi," ujarnya.

Berbagai sektor yang ikut bergerak tersebut bisa mendukung edukasi untuk menyehatkan lingkungan hewan sehingga tidak ada penularan penyakit. Sehingga bagaimana menciptakan sebuah keseimbangan baru yang mana manusia akan sehat, lingkungan lestari, dan hewan pun sehat.

"Hewan merupakan sumber protein kita dan bermanfaat pada pelestarian lingkungan kita," ujarnya.

Koordinasi one health antara WHO, FAO, Animal Health dan lainnya juga oerlu komunikasi dari banyak pihak sehingga edukasi kepada masyarakat bisa melakukan aksi bersama melakukan penyelamatan lingkungan. (H-2)

 

BERITA TERKAIT