01 December 2022, 19:05 WIB

Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading Komitmen Lahirkan SDM Unggul


Widhoroso |

ERA Society 5.0 menjadi tantangan bagi Al-Azhar Kelapa Gading dalamn mempersiapkan dan membangun SDM yang unggul. Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, Irsan Nurfaqih Sjamhudi.

Dikatakan, seorang leader memiliki peranan penting dalam mencapai kemajuan sebuah organisasi. Saat ini para leader dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan memiliki literasi digital.

"Membangun SDM Unggul terutama bagi para pimpinan di seluruh Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dan Surabaya, menjadi sebuah keharusan dalam rangka peningkatan kualitas dan efektivitas organisasi. Era Society 5.0 adalah era dimana manusia dan teknologi akan berdampingan di dalam menjalani hidup dan akan saling membantu dalam meningkatkan kualitas hidup," jelas Irsan dalam keterangan yang diterima, Kamis (1/12). 

"Di era ini juga perkembangan teknologi begitu pesat dan berpengaruh dalam hidup manusia termasuk berpengaruh terhadap organisasi. Dengan lahirnya SDM unggul maka diharapkan munculnya para pimpinan Al-Azhar Kelapa Gading yang profesional, produktif, inovatif, mampu bersaing, dan memiliki karakter yang kuat," tambahnya.

Untuk mendukung lahirnya SDM Unggul, Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading menggelar Leadership Training pada 18-20 November 2022 lalu di Sentul, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti seluruh unsur pimpinan di lingkungan Yayasan dan Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dan Surabaya.

Acara Leadership Training ini merupakan acara tahunan yayasan, dalam rangka peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM para pimpinan di lingkungan Al-Azhar Kelapa Gading yang dapat membawa dapak positif bagi roda organisasi. Organisasi membutuh sosok pimpinan yang mau berkorban dengan bekerja keras, yang mampu mengelola dan menjalankan roda organisasi.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana seorang leader mampu mengikuti perkembangan zaman seperti era digital ini, kepemiminan di era digital ini adalah Digital Leadership yang merupakan kepemimpin yang mampu memanfaatkan data dan teknologi digital untuk memecahkan masalah yang kompleks secara kreatif dan inovatif," kata Waka PH Operasional dan SDM Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, Ifan Budiman. 

Dalam Leadershiop Training peserta mendapatkan materi-materi yang dibutuhkan seperti Magnet School, Kepemimpinan Transformatif, Communication Skill, Growth Mindset Leader dan Problem Solving. Adapun narasumber nasional yang dihadirkan adalah H. Aris Ahmad Jaya DVM. MM. dan Aris Setyawan. 

"Leadership Training sangat menarik dan bermanfaat untuk seorang pimpinan atau calon pimpinan. Materi yang diberikan oleh narasumber begitu komprehensif dan dijelaskan melalui berbagai perspektif," ujar Angga Yuda Pratama, Wakil Kepala SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT