01 December 2022, 15:54 WIB

Angka Pengangguran Disabilitas Sangat Tinggi, PGN Mas Turut Terpanggil 


mediaindonesia.com |

BADAN Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 merilis angka penyandang disabilitas usia produktif di Indonesia sebesar 17 juta orang. Dari jumlah tersebut hanya 7,6 juta saja yang terserap dunia kerja.

Melihat kondisi tersebut PT Permata Graha Nusantara atau PGN Mas, anak perusahaan Pertamina Gas Negara (PGN), merasa terpanggil untuk dapat berkontribusi. Demikian

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Utama PGN Mas Ivanna Laksmini Devi saat membuka Pelatihan bisnis bagi para difabel, Kamis (1/12) di Gedung Sinergi 8 Jakarta Pusat.

Pada pelatihan bertema "Mensupport Usaha Rintisan Teman Difabel" kali ini dikhususkan bagi kalangan disabilitas yang telah memiliki usaha dan telah menggunakan sarana online.

Kegiatan yang merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) ini diikuti 20 peserta penyandang disabilitas yang memiliki berbagai jenis usaha. Yogi

Cahya Nugraha, seorang entrepreneur sekaligus praktisi usaha dan pelaku digital marketing, menjadi pembicara dalam kegiatan pelatihan ini.

Baca juga:  Pemkab Klaten Memaksimalkan Penghormatan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Dalam pelatihan yang diselenggarakan di Gedung Sinergi 8, Jakarta Pusat ini, terlihat bahwa para peserta umumnya masih gamang terhadap e-commerce atau marketplace yang mereka gunakan.

Dengan demikian, sharing mengenai teori dan praktik menjadi menu utama agar usaha mereka lebih optimal. Selain itu juga disampaikan materi mengenai mental berbisnis, konsep bisnis, marketing serta personal branding.

Lebih lanjut Ivanna mengatakan, dari kelompok kecil ini diharapkan usaha mereka dapat berkembang dan menjadi lebih sukses.

"Sehingga dari kelompok kecil teman-teman yang mengikuti pelatihan tersebut dapat membawa manfaat yang lebih luas bagi sesama dan sedikit demi sedikit dapat membuka kesempatan kerja bagi teman-teman lain di komunitas maupun di masyarakat umum," jelasnya. 

Acara tersebut sekaligus memperingati Hari Disabilitas International yang jatuh pada tanggal 3 Desember. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT