30 November 2022, 19:01 WIB

Inspirasi Menu Makanan Natal, Ada yang dari Indonesia


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

HARI Natal pada umumnya dirayakan dengan acara makan bersama dan berkumpul bersama keluarga besar. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara di luar sana juga melakukan tradisi yang sama.

Terdapat banyak menu hidangan khas Natal yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Menu makanan khas Natal tersebut dapat Anda lihat di daftar ini.

Mince Pies

Mince Pies ialah kue pie dengan isi buah-buahan atau daging cincang (minced meat) yang kemudian ditaburi gula halus. Hidangan ini telah menjadi menu khas Natal di Inggris sejak abad ke-13.

Black Rum Cake 

Di Jamaika, makanan ini terbuat dari buah-buahan yang telah direndam dalam alkohol selama kurun waktu berminggu-minggu. Kue ini berwarna gelap yang berasal dari campuran gula merah/gula cokelat. Black rum cake sangat cocok dinikmati dengan segelas kopi pahit atau teh.

Pierogi 

Pierogi merupakan makanan semacam pangsit yang berisi kentang tumbuk, keju, atau sauerkraut di Polandia. Biasanya pierogi dihidangkan dengan cara direbus dan juga digoreng. Pierogi juga dihiasi dengan berbagai macam topping mulai dari lelehan keju hingga bawang goreng.

Risalamande 

Risalamande ialah hidangan penutup asal Denmark yang kerap disajikan sebagai pelengkap pada menu-menu hidangan khas Natal. Terbuat dari puding beras dengan campuran whipped cream, vanilla dan kacang almond, makanan khas Natal ini disajikan dalam keadaan dingin lengkap dengan tambahan saus ceri yang membuatnya terasa semakin lezat dan menyegarkan.

Ciorbă de perișoare 

Sekilas terlihat seperti bakso, hidangan ini terbuat dari daging babi dan berasal dari Romania. Kaldu untuk Ciorbă de perișoare juga terbuat dari kaldu babi yang sangat gurih. Makan malam Natal di Romania dapat dihangatkan dengan memakan makanan khas Natal satu ini.

Julbord 

Julbord berarti Christmas table. Di Swedia, menu ini terdiri dari berbagai macam hidangan dan kue-kue seperti Kottbular (bakso), Knackebrod (roti kering), Isterband (sosis bakar dari daging babi), Janssons frestelse (kukusan kentang hangat).

Bibingka 

Bibingka adalah kue beras tradisional asal Filipina yang kerap dihidangkan pada saat Natal. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, air, dan air kelapa. Bibingka dimasak dalam panci yang sudah dilapisi daun pisang.

Stollen

Di Jerman, menu khas Natal ini berupa roti yang di dalamnya terdapat buah-buahan kering, kacang, kismis, atau cengkeh, dilapisi mentega, lalu ditaburi dengan gula halus.

Sachertorte

Sachertorte ialah kue cokelat yang pertama kali dibuat oleh Franz Sacher untuk Pangeran Austria pada perayaan Natal di 1832. Terdapat lapisan selai aprikot di atas kue, yang kemudian ditutupi oleh dark chocolate sebagai icing dan disajikan dengan whipped cream.

Feast of Seven Fishes

Hidangan khas Natal asal Italia ini terdiri dari tujuh macam hidangan ikan dan seafood yang disajikan dalam tujuh cara berbeda, mulai dari digoreng, dilapisi saus tomat, dimakan bersama udang, dan lain-lain.

Sup Ayam Avgolemono

Sup ayam Avgolemono adalah sup ayam dengan tambahan lemon dan telur kocok yang dihidangkan hangat di tengah guyuran salju dan cuaca dingin Yunani.

Ayam Budu-Budu

Ayam Budu-Budu terbuat dari dari ayam yang diolah bersama rempah-rempah, jeruk nipis, serta asam jawa, menjadikannya terasa gurih dan juga sangat menyegarkan. Masyarakat Makassar selalu menghidangkan hidangan ini saat perayaan Natal tiba.

Klapertaart 

Klapertaart adalah kue tradisional khas Manado yang dipengaruhi oleh kuliner Belanda. Kue ini memiliki rasa yang manis dan sering dijadikan hidangan wajib pada saat perayaan-perayaan hari besar termasuk Natal.

Gingerbread

Kue jahe atau gingerbread terdapat di hampir setiap negara dengan resepnya masing-masing. Namun, biasanya bentuk kue jahe khas Natal yang menyerupai bentuk anak-anak yang dihias dengan icing dipopulerkan oleh negara-negara barat sebagai makanan khas Natal yang sedap disantap kala musim dingin tiba.

Kalkun Panggang

Kalkun panggang juga sangat populer di negara-negara yang terletak di benua Eropa dan Amerika. Selain pada acara thanksgiving, hidangan kalkun panggan juga sering menjadi hidangan utama pada makan malam Natal. (OL-14)

BERITA TERKAIT