29 November 2022, 17:00 WIB

Rayakan HUT ke-51, Mendagri Minta Korpri Lakukan Introspeksi


Mediaindonesia.com |

TIDAK mudah sebuah lembaga atau organisasi bisa bertahan hingga setengah abad. Namun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mampu melakukan itu. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat menghadiri HUT ke-51 Korpri di Istora Senayan Jakarta, Selasa (29/11).

Menurutnya, kalau melihat ke belakang, organisasi yang bisa survive lebih dari setengah abad tidak banyak. Di samping itu ia mengapresiasi Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian yang memberikan pengarahan terkait komitmen dan introspeksi para abdi negara.

Baca juga: Kominfo Dorong ASN Kemenkes Cakap Digital

"Saya tertarik dengan yang disampaikan Ary Ginanjar. Apa sebetulnya makna dari acara ini? Apakah hanya sekedar untuk upacara atau kumpul kumpul saja sebagai ritual tahunan? Tentu tidak. Kita harus membuat keputusan, niat, komitmen demi Korpri di masa depan," katanya.

Ia melihat bahwa acara ini sangat penting dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan introspeksi, apa yang sudah dilakukan oleh Korpri dalam 51 tahun ke depan dengan segala plus dan minusnya dan mau kemana Korpri di bawa ke depan. "Saya kira ini moment yang penting untuk berkontemplasi, merenung dan juga mengevaluasi."

"Jarang organisasi yang masih terus mengabdi kepada negeri khususnya. Dan ini menjadi prestasi kebanggaan bagi Korpri. Maka kuncinya yaitu memegang teguh core values BerAKHLAK dan employer branding Bangga melayani bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Ary menyampaikan soal tujuan dari Dirgahayu Korpri yang sebenernya ini. "Di sini saya hanya 1 jam. Saya tidak mau hanya memberikan materi semata, namun harus ada komitmen dari anda semua selaku abdi negara."

Ia mengatakan bahwa sekaranglah saatnya semua harus membuat keputusan untuk bangkit membangun Indonesia. Menurutnya, Korpri harus mempunyai semangat untuk wujudkan Indonesia Emas 2045.

"Satu aja itu, membuat keputusan agar Korpri lebih baik dan mampu bertahan disegala kondisi. Untuk itu pegang teguh core values BerAKHLAK dan employer branding bangga melayani bangsa. Mengapa ini penting? Karena BerAKHLAK adalah bibit yang memerlukan tanah yang subur untuk tumbuh berkembang," pungkasnya.

Korpri adalah organisasi di Indonesia berdiri sejak 29 November 1971 yang anggotanya terdiri dari Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan dan perangkat pemerintah desa.

HUT ke-51 Korpri kali ini mengusung tema 'Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri', dengan harapan para anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Selain dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian dan Ary Ginanjar, perhelatan yang berlangsung secara luring di Istora tersebut, dihadiri pula oleh Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Wakil Menteri KLHK Alue Dohong.

Turut mengundang juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Sosial Tri Rismaharini. Selain para Menteri, hadir pula seluruh Sekretaris Jenderal Kementerian, Sekretaris Utama LPNK, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kementerian/LPNK, Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten dan Kota, dan seluruh anggota Korpri seluruh Indonesia baik hadir langsung ataupun secara virtual. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT