29 November 2022, 16:34 WIB

Jenazah Korban Helikopter Polri yang Jatuh Kembali Ditemukan


Khoerun Nadif Rahmat |

TIM SAR gabungan kembali menemukan satu jenazah dari kru helikopter milik Polri dengan tipe NBO 105 yang dilaporkan jatuh di perairan Manggar, Bangka Belitung (Babel). Saat ini, dua jenazah kru helikopter tersebut sudah ditemukan.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa jenazah teridentifikasi atas nama Briptu M Lasminto, yang merupakan co-pilot dari helikopter Polri tersebut.

"Tim SAR gabungan bersama Kakorpolairud Baharkam Polri, bersama beberapa PJU Polda Babel, berhasil menemukan satu orang lagi kru dari helikopter tersebut. Atas nama Briptu M Lasminto, yang merupakan co-pilot dari helikopter pada pukul 09.45 WIB," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/11).

Baca juga: Jenazah Kopilot Heliopter NBO 105/P-1103 Polri Ditemukan

Ramadhan mengungkapkan bahwa saat ini jenazah Briptu Lasminto telah dievakuasi. Lalu, akan dibawa ke RSUD Belitung Timur. Total, terdapat dua jenazah yang telah ditemukan dalam insiden jatuhnya helikopter milik Polri.

"Jenazah sudah dievakuasi dan dibawa menuju RSUD Belitung Timur untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Sampai saat ini, sudah ada dua jenazah yang berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan," imbuh Ramadhan.

Mengingat proses pencarian yang masih berjalan, tim SAR gabungan menggunakan sejumlah metode pencarian. Seperti, pencarian di atas permukaan laut atau paralel swab search pattern. 

Baca juga: Pertamina Suplai Avtur 3 Helikopter Polri Bantu Korban Cianjur

Adapun pencarian di bawah permukaan air dengan metode scan menggunakan MBES (multi beam echo sounder) dan SSS atau site scan sonar, magneto meter yang dibawa oleh KRI Spika. "Selanjutnya pencarian juga dilakukan menggunakan metode pencarian via udara," pungkasnya.

Diketahui, tim SAR gabungan juga menemukan jenazah Bripda Anam yang merupakan mekanik dari helikopter. Oleh karena itu, saat ini tersisa dua kru lagi yang masih belum ditemukan, yakni pilot bernama AKP Arif Rahman Saleh dan mekanik bernama Aipda Joko M.

Helikopter Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 dilaporkan hilang kontak di perairan Babel pada Minggu (27/11) siang. Helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah dengan tujuan Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri di Banten.(OL-11)

BERITA TERKAIT