29 November 2022, 13:48 WIB

Apa Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil?


Mesakh Ananta Dachi |

KALIMAT Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah sebuah kalimat dzikir, yang dengan membacanya, kita telah melakukan ibadah dengan menyebut dan memuji nama Allah SWT. Nah, lalu apa sih artinya? berikut penjelasannya:

  • Asal Kalimat dan Artinya

Kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah gabungan dari dua surat yang disatukan. Pertama, ada di Ali Imran Ayat 173 (3:173). Bacaannya sebagai berikut:

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Latin: Allazina qaala lahumun-naasu innan-naasa qad jama’ụ lakum fakhsyauhum fa zaadahum iimaanaw wa qaalụ ḥasbunallaahu wa ni’mal wakil.

Artinya : “(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Lalu, bacaan Nikmal Maula Wa Nikma Nashir ada pada Surat Al Anfal 8:40. Bacaannya:

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ۔

Latinnya: Wa in tawallau fa’lamuu annallaaha maulaakum, ni’mal-maulaa wa ni’man-nasir

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.

Maka, bacaan dari kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah sebagai berikut.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya : Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.
 

  • Keutamaan Bacaan

Dengan membaca kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah sebuah bentuk dzikir, yaitu dengan menyebut dan menyembah nama Allah SWT. Maka, kalimat ini merupakan sebuah sunnah yang dianjurkan untuk terus diamalkan oleh umat muslim. Maka, dengan membaca kalimat ini, kita telah menyerahkan diri kita kepada kuasa Allah SWT, sekaligus bersyukur atas rezeki dan penyertaannya kepada kita dalam kehidupan. Lebih lanjut, kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil juga merupakan sebuah dzikir yang menunjukkan kuasa dan keesaan Allah SWT Yang Maha Besar.(OL-5)

BERITA TERKAIT