26 November 2022, 19:55 WIB

Sebanyak 1.800 Mahasiswa UPH Ikuti Wisuda secara Tatap Muka


Faustinus Nua |

UNIVERSITAS Pelita Harapan (UPH) menggelar wisuda untuk program Doktor, Magister, Sarjana, Sarjana Terapan, dan Diploma III untuk Tahun Akademik 2021/2022 pada Jumat (25/11). Wisuda bertajuk 'Change Minds and Hearts' yang digelar secara tatap muka (offline) dan diikuti oleh 1.834 lulusan.

"Kami dengan bangga hari ini mengutus Anda, wisudawan-wisudawati yang berbahagia untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di UPH, sehingga dapat menjadi berkat bagi bangsa dan negara kita," ujar Rektor UPH Jonathan L. Parapak dalam keterangannya, Sabtu (26/11).

Dari 1.834 lulusan baru tersebut, sebanyak 46 wisudawan berasal dari tingkat Diploma III, 34 wisudawan dari tingkat Diploma IV, 1.047 wisudawan dari tingkat Strata I. Kemudian 304 wisudawan dari tingkat Strata II, 17 dari Strata III, 47 dari program Profesi Kedokteran, dan 339 dari program Profesi Keperawatan, serta termasuk di antaranya 22 orang wisudawan yang lulus dengan pujian/ Cum Laude.

"UPH telah membekali Anda dengan ilmu pengetahuan, iman, pengalaman, komunitas, dan pembentukan karakter. Kini saatnya Anda membawa semua hal baik yang sudah didapatkan dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara," kata Jonathan.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Paristiyanti Nurwardani berpesan kepada seluruh wisudawan untuk bersiap menghadapi era Industry 4.0 dan Society 5.0. Wisudawan merupakan harapan bangsa Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Maju, lewat penguatan SDM yang unggul.

"Kami berharap agar para wisudawan dapat menjadi pelita bagi Indonesia dengan berbekalkan hard skills dan soft skills yang telah didapatkan selama berkuliah," kata dia.

Baca juga : Alumnus UMJ Harus Bisa Memberikan Manfaat Dan Kontribusi Untuk Bangsa

"Di era digital seperti sekarang, ada tiga hal yang yang menjadi sangat penting yaitu critical thinking, artificial intelligence, dan energi terbarukan. Kami berharap para lulusan UPH dapat berkontribusi dalam ketiga hal ini untuk mendukung kemajuan nusa dan bangsa,” sambungnya.

Paristiyanti juga memberikan apresiasi terhadap UPH sebagai perguruan tinggi yang mencetak guru besar terbanyak se-Indonesia selama beberapa tahun terakhir. UPH juga berhasil mencatatkan 100% pelaporan PDDIKTI selama 3 tahun terakhir.

Sementara itu, founder UPH James Riady mengatakan, UPH berkomitmen untuk terus mencetak SDM unggul yang siap menghadapi tantangan zaman. Sejak awal berdiri, komitmen itu terus dipegang dan menjadi arah pendidikan.

"Sejak UPH berdiri, kami selalu berkomitmen untuk mencetak para profesional yang unggul melalui pendidikan yang holistis dan berkualitas. Harapan dan doa kami adalah para wisudawan - wisudawati dapat menjadi manusia yang mampu berpikir kritis, bertanggung jawab, serta menjadi berkat bagi banyak orang," tandasnya.

UPH berharap, para lulusan dapat mampu menjadi ‘The Next Great Achiever!’ pemimpin yang terus bergerak maju dan siap menghadapi berbagai tantangan di era industri 4.0 dalam menciptakan kemajuan bagi bangsa Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT