24 November 2022, 11:12 WIB

Lima Jenis Pantry yang Sering Ada di Rumah


mediaindonesia.com |

BANYAK orang yang sering memisahkan dapur basah dan kering di rumah. Biasanya, dapur basah dipakai untuk memasak makanan berminyak. Wajar saja kalau banyak orang membuat dapur basah berada di dekat area luar rumah.

Sedangkan dapur kering biasanya terdapat di dalam rumah untuk kegiatan sederhana, seperti membuat kopi atau teh, menghangatkan makanan, dan  memasak mie instan.

Dapur kering atau yang sering dikenal dengan pantry juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Pantry sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda, seperti berikut ini.

1. Pantry Minimalis

Jenis dapur kering pertama yang umum digunakan di rumah adalah pantry minimalis. Desain pantry satu ini dilengkapi dengan lemari dan kabinet bawah, serta ada top table.

Pada bagian top table, kita bisa meletakkan beberapa peralatan dapur, seperti teko, gelas, hingga mesin kopi. Namun, pantry minimalis tidak dilengkapi dengan sink dan kompor dan memiliki ukuran panjang sekitar 60 cm dan tinggi minimal 150 cm. 

2. Pantry Dinding

Jika ingin membuat dapur kamu terlihat luas, cobalah menggunakan pantry dinding. Jenis pantry satu ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil, yaitu dengan lebar 50 cm dan tinggi maksimal 100 cm.

Selain itu, kamu bisa memasangkannya ke dinding sehingga tampilannya akan seperti melayang dan tidak menyentuh permukaan lantai. Kamu bisa menggunakannya untuk meletakkan bahan makanan kering, microwave, dan mesin kopi.

3. Lemari Persediaan Makanan

Kamu juga bisa menyiapkan lemari pantry khusus untuk menyimpan stok makanan di rumah. Lemari persediaan makanan biasa memiliki banyak ruang penyimpanan, seperti kabinet dan laci.

Namun, lemari dapur ini tidak dilengkapi dengan top table. Kamu bisa meletakkan mesin kopi dan perlengkapan dapur lainnya pada bagian rak yang tersedia.

4. Pantry Berbentuk Koridor atau Lorong

Apakah kamu pernah melihat rumah yang memiliki lorong dengan lemari berisi banyak persediaan makanan? Nah, inilah yang dinamakan pantry koridor. 

Pantry koridor memiliki lemari yang berada pada sisi kanan dan kirinya untuk meletakkan berbagai bahan makanan hingga alat dapur, seperti microwave, rice cooker, mesin kopi, dan cangkir. 

5. Kitchen Set

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kitchen set, bukan?. Biasanya, kitchen set dilengkapi dengan lemari, kabinet, sink, dan kompor tanam. 
Agar tidak berbau dan cepat kotor, kamu bisa menambahkan juga cooker hood.

Nah, itulah beberapa jenis dapur kering atau pantry yang bisa kamu buat di rumah. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan luas dapur di rumah.  

Kamu bisa membeli berbagai model lemari dapur dan kitchen set berkualitas hanya di ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini juga jual perabot, dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, Informa Sleep, Informa Electronics, Selma, Susen, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Ashley, Eyesoul, Chatime, dan masih banyak lagi. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT