23 November 2022, 16:23 WIB

Pembangunan Teknologi Hingga Pelosok, Jokowi Sukses Lahirkan Generasi Melek Digital


Widhoroso |

KEMAJAUAN teknologi di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo berhasil menjangkau hingga ke pelosok-pelosok desa. Langkah Jokowi tersebut dinilai mampu melahirkan generasi-genarsi Indonesia yang melek digital.

Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Iwan Alfanie memuji komitmen Jokowi menghadirkan kemajuan teknologi di seluruh daerah. Ia melihat bahwa di era Jokowi, pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan pemerataan infrastruktur digital di semua wilayah.

Langkah Jokowi mendorong pemerataan infrastruktur digital adalah wujud konkrit keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan cara tersebut, tidak ada lagi ketimpangan yang berkaitan dengan kompetensi digital. "Ini merupakan keadilan yang direalisasikan oleh Pak Jokowi sehingga kemajuan teknologi hari ini masuk hingga ke pelosok," ujar Iwan.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan pemerataan infrastruktur digital sangat dibutuhkan untuk kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau. Pasalnya, dengan infrastruktur digital yang merata dapat menyambung koneksi antar masyarakat.

“Bagaimana bahwa Indonesia ini terdiri dari pulau-pulau. Bagaimana kita terbatasi oleh akses-akses plosok-plosok. Infrastruktur digital adalah solusi,” tegasnya.

Presiden Jokowi mengintruksikan agar lembangunan infrastruktur digital terus dikebut di seluruh Indonesia. Hingga akhir masa jabatannya pada 2024 mendatang, Jokowi menargetkan pembangunan 9.586 Base Transceiver Station (BTS) Tower dapat diselesaikan. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT