22 November 2022, 19:29 WIB

Excelso Hadirkan Juara Dunia Barista Sajikan Pengalaman Baru Menikmati Kopi 


Mediaindonesia.com |

GERAI makanan dan minuman, Excelso bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kolombia di Indonesia menghadirkan juara dunia barista 2021, Diego Campos dalam program “Colombian Coffee Experience” di Excelso Central park, Selasa (22/11).

Ajang itu sekaligus sebagai selebrasi persahabatan kedua negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kolombia berada di peringkat ketiga negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam, sementara Indonesia berada di urutan keempat. 

"Excelso mendapatkan kehormatan besar bisa berkolaborasi dengan Kedutaan Kolombia dengan menghadirkan langsung Diego Campos sebagai World Champion Barista 2021 sekaligus mengundang para pecinta kopi di Indonesia untuk menikmati kopi terbaik dari Indonesia dan dari belahan dunia lain. Kali ini kami sengaja menyuguhkan kopi terbaik dari Kolombia, yang akan diracik langsung oleh Diego Campos,” kata Liechar Solihin, Direktur PT. Excelso Multirasa.

Mayoritas kopi yang dihasilkan oleh Kolombia, adalah kopi arabika. Sejarah kopi Kolombia sendiri telah berlangsung lebih dari 200 tahun. 

Liechar menambahkan, dengan sejarah sepanjang itu, kopi Kolombia menjadi salah satu jenis kopi yang dianggap terbaik kualitasnya oleh penggemar kopi. 

"Kami berharap para pelanggan setia Excelso bisa merasakan pengalaman tentang kopi Kolombia yang berbeda melalui acara ini. Ke depannya, kami akan menghadirkan kopi terbaik dari berbagai tempat lainnya, di berbagai outlet Excelso.” kata Liechar.

Baca juga : Ajang Diplomasi Kebudayaan dalam Kopi Togetherness

Diego Campos yang pada kesempatan ini akan melakukan “Bar Take Over”,  dimana barista kelahiran Tolima, Kolombia itu menyeduh kopi terbaik dari Kolombia. Campos telah menggeluti dunia kopi sejak 2008. Ia memulai kariernya sejak dia berusia 18 tahun. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai roaster untuk sebuah perusahaan specialty coffee yang berbasis di Bogota. 

“Saya bekerja sejak berusia 18 tahun, sejak tahun 2008. Pengalaman ini sangat bermakna bagi hidup saya yang ingin saya dedikasikan untuk dunia perkopian. Menjadi Juara Dunia Barista (World Barista Champion) adalah impian yang menjadi kenyataan,” kata Campos yang sejak masa mudanya rajin mengikuti kompetisi barista di waktu-waktu senggangnya.

Diego Campos dinobatkan sebagai juara barista di Kolombia pada 2014, sebelum kembali memenangi kompetisi serupa pada 2016 dan 2019. Gelar World Barista Champion diraihnya pada 2021 di Milan, Italia.

Diego yang memiliki perkebunan kopi bernama Finca El Diamante di Huila, Kolombia, tinggal bersama istri dan anaknya, dan kini sedang memfokuskan diri untuk berbagi pengalamannya tentang kopi kepada generasi muda produser kopi di Kolombia. 

“Saya sangat bersemangat untuk menyebar-luaskan pengalaman saya, bahwa perubahan sekecil apapun dalam hal penanaman, pemanenan dan teknik memproses kopi, akan berdampak besar terhadap kualitas kopi yang dihasilkan.” Kata Diego Campos. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT