22 November 2022, 15:51 WIB

Baznas Dirikan Tenda Darurat dan Terjunkan Tim Nakes Bantu Korban Gempa Cianjur


Widhoroso |

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melakukan aksi kemanusiaan di lokasi terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat. Setelah pada Senin (21/11) tim Baznas membantu evakuasi korban, Selasa (22/11), Baznas melalui Baznas Tanggap Bencana mendirikan tenda pengungsian di depan kantor Kementerian Agama Cianjur, mengevakuasi korban bencana ke rumah sakit dan melakukan asesmen guna memenuhi kebutuhan warga.

"Selain proses evakuasi yang terus berjalan, kami juga bergerak cepat mendirikan tenda pengungsian dan memantau kebutuhan pengungsi bencana. Kami berupaya akan aktif bersama warga terdampak agar mereka segera pulih," ujar Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/11).

Saidah melanjutkan, tim tenaga kesehatan dari Baznas yakni Rumah Sehat Baznas juga sudah bergabung dengan tim nakes lain di RSUD Cianjur. Dengan diterjunkannya 50 personel dan 13 armada dari BTB dan RSB, diharapkan pelayanan yang diberikan Baznas akan semakin maksimal.

"Baznas akan terus memantau apa saja kebutuhan yang diperlukan. Jumlah personel yang turun langsung bisa bertambah, seiring kebutuhan di lapangan. Selain itu, kami juga terus mendata kebutuhan para pengungsi seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan lain," kata Saidah.

Selain kebutuhan dasar, pemulihan trauma para korban menjadi fokus setelah aksi evakuasi dan pemenuhan kebutuhan di tenda pengungsian. "Terutama untuk anak dan lansia, trauma healing akan kita upayakan untuk membantu pemulihan penyintas bencana," pungkasnya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT