20 November 2022, 16:48 WIB

Tidak hanya Membangun, Arsitek Peduli Masalah Sosial dan Lingkungan


Mediaindonesia.com |

PEMERINTAH tengah membangun banyak infrastruktur yang potensial. Di sinilah peran serta para ahli arsitektur diperlukan. Sebagai contoh, peran para arsitek pada pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan tak hanya merancang bangunan, tetapi juga peduli pada masalah sosial dan lingkungan hidup.

Itu disampaikan Ketua DevelopArs dan Ketua Alumni Arsitektur Trisakti, angkatan 1990, Leonard Tambunan pada acara bertajuk Rearchtion 1_30 di Hey Beach, Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (19/11). "Alumni arsitektur Universitas Trisakti harus memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara ini." 

Acara itu bertujuan mempererat tali silaturahmi antara sesama pengembang serta memperingati Lustrum VI Alumni Arsitektur Universitas Trisakti yang digelar Komunitas Developer Arsitek Trisakti (DevelopArs) bersama alumni arsitektur Trisakti Angkatan 1990 dan 1992. Kegiatan ini sekaligus memperingati HUT pertama DevelopArs dan mengundang seluruh anggota serta para pemangku kepentingan arsitektur di Tanah Air.

"Kegiatan ini baru terselenggara menyusul pandemi beberapa waktu lalu. Jadi selain ultah DevelopArs terdapat acara Lustrum lima tahunan alumni arsitektur Trisakti angkatan 1990 dan 1992. Tema Rearchtion ialah ingin mewujudkan kebangkitan dari komunitas DevelopArs setelah masa pandemi dan memberikan sumbangsih bagi bangsa melalui arsitektur," ujar Leonard yang juga Ketua Alumni Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Usakti, Founders Mata Air Grup design, build and property developer.

Hal senada disampaikan Ketua Lustrum angkatan 1992, Lukito, yang mengatakan kegiatan itu bersamaan dengan Lustrum lima tahunan yang keenam alumni angkatan 1990 yang tertunda karena pandemi. Selain itu, acara ini menjadi ajang pertemuan sesama alumni agar tercipta keterikatan dan persahabatan yang erat serta bangkit dari pandemi. "Kegiatan ini bertepatan dengan Lustrum angkatan 1992 dan angkatan 1990 yang tertunda karena pandemi. Acara ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan DevelopArs, angkatan 92 dan 90 dari pandemi," imbuh Lukito.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Trisakti (Ika-Usakti), Tubagus Robby Budiansyah, mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan Rearchtion 1_30 ini. Pasalnya, kekompakan dan persahabatan sesama alumni harus tetap terjaga. Selain itu, acara ini menjadi momentum yang baik bagi alumni dan mahasiswa arsitektur Universitas Trisakti untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan di Tanah Air. "Kegiatan ini menjadi momentum menjaga kekompakan dan menjalin sinergitas dari para alumni maupun mahasiswa arsitektur Universitas Trisakti dalam menggerakkan semangat kebersamaan, serta berperan dalam mendukung pembangunan di Indonesia," ungkap Robby. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT