20 November 2022, 14:00 WIB

Jokowi Dinilai Merawat Kebudayaan Lewat Sektor Pendidikan


Mediaindonesia.com |

PRESIDEN Joko Widodo membangun nilai-nilai kebudayaan melalui sektor pendidikan. Berbagai program yang digagas Jokowi di sektor pendidikan mendorong nilai-nilai kebudayaan nasional terus tumbuh.

Wakil Rektor I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Agus Jafari mengatakan, era Pemerintahan Jokowi sukses melahirkan program-program yang mendorong nilai-nilai kebudayaan di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah gagasan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. 

“Kebudayaan dibangun melalui pendidikan. Itu program-programnya Pak Jokowi menurut saya ada lompatan. Misalnya ada kampus merdeka, merdeka belajar. Saya kira itu juga bagian dari membangun kebudayaan dari sisi pendidikan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, para generasi muda khususnya harus bisa memanfaatkan perhatian pemerintah dalam upaya membangun nilai-nilai kebudayaan. Pasalnya, gagasan Jokowi terkait pengembangan kebudayaan tersebut adalah langkah yang sangat positif. 

“Apa yang dilakukan Pak Jokowi perlu dianggap sebagai hal yang positif. Tinggal generasi muda, mahasiswa, pelajar memanfaatkan program itu. Program sudah dibuat pemerintah, tinggal bagaimana kita manfaatkan itu,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan bahwa Pemerintahan Jokowi memiliki komitmen untuk menanamkan nilai-nilai budaya kepada para generasi muda. Keseriusan Jokowi dapat dilihat dari instruksinya kepada kementerian-kementerian terkait.

“Kebijakan pemerintah ini saya melihat memang ada kebijakan yang cukup masif untuk menanamkan nilai-nilai budaya. Pak Jokowi mendorong Kemendikbud dan Kemenparekraf,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT