20 November 2022, 13:22 WIB

BMKG: Hampir Seluruh Provinsi Indonesia Berpotensi Hujan Lebat


 Naufal Zuhdi |

BIBIT Siklon Tropis 94S terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, yang membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia selatan Jawa, dan pesisir selatan Jawa bagian tengah hingga timur.

Selain itu, Bibit Siklon Tropis 97W juga terpantau di Laut China Selatan sebelah tenggara Vietnam yang membentuk daerah konvergensi di Laut China Selatan dan di Laut Natuna.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Banda yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan Ternate hingga Laut Banda, dan di NTT.

"Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari perairan Bengkulu hingga Sumatera Selatan, di Kalimantan Selatan, di Bali, di Sulawesi bagian tengah dan di Papua," ujar Miming melalui keterangannya dikutip pada Minggu (20/11).

Baca juga: BMKG Imbau Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Miming menambahkan bahwa hampir di seluruh provinsi wilayah Indonesia akan berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada besok, 21 November 2022.

"Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua akan berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang," jelas Miming.

Untuk provinsi Jambi, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan diprakirakan berpotensi terjadi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Lalu di provinsi Banten diprakirakan berpotensi terjadi angin kencang. (Fal/OL-09)

BERITA TERKAIT