14 November 2022, 22:25 WIB

Nadiem dan Elon Musk Berdialog dengan 400 Mahasiswa Indonesia


Faustinus Nua |

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim dan CEO Tesla Motors Elon Musk berdialog dengan 400 mahasiswa se-Indonesia dalam acara 'Intergenerational Dialogue for Our Emerging Future'.

Adapn Elon Musk hadir dalam acara tersebut secara virtual. “Intergenerational atau lintas generasi adalah konsep penting dalam keberlanjutan. Sebab mewakili pentingnya berkolaborasi dalam upaya mewujudkan masa depan yang lebih baik," ujar Nadiem dalam keterangannya, Senin (14/10).

"Dengan mengedepankan kolaborasi lintas sektor dan lintas generasi, pendidikan memainkan peran penting dalam mendorong masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.

Baca juga: Elon Musk yakin Indonesia punya masa Depan yang Cerah

Kemendikbud-Ristek melalui program prioritas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menggerakkan transformasi pendidikan tinggi. Serta, mengoptimalkan kesiapan mahasiswa dalam menjawab tantangan perubahan zaman. 

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mulai mengarah ke sana dengan kebijakan Merdeka Belajar. "Khusus untuk jenjang pendidikan tinggi, dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kami berupaya meruntuhkan sekat-sekat antara perguruan tinggi, industri, dan masyarakat,” jelas Nadiem.

Di lain sisi, Elon menceritakan kisah hidupnya hingga menjadi sukses seperti saat ini. Ketika masih kecil, dirinya banyak membaca dan nonton fiksi ilmiah.

Baca juga: Bertemu Erdogan, Jokowi Bahas Konflik Rusia-Ukraina

“Kebiasaan itu banyak berdampak pada saya untuk mencari kebenaran dalam banyak hal. Dari situ, saya menemui bahwa fisika sangat membantu dalam segala hal," ungkap Elon.

Dia pun berbagi ide terkait pekerjaan masa depan yang akan banyak diminati. Menurutnya, artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan energi berkelanjutan merupakan peluang karir di masa depan.

Pihaknya pun mendorong mahasiswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar. "Miliki rasa keingintahuan yang besar akan banyak hal di dunia ini. Rasa keingintahuan yang besar adalah karakter yang paling penting," tandasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT