12 November 2022, 20:54 WIB

Vaksin Covid-19 Produksi Indonesia Dipakai Jika Pfizer Habis


Theofilus Ifan Sucipto |

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah mendistribusikan lima juta vaksin covid-19 merek Pfizer. Pemerintah segera menggunakan vaksin covid-19 buatan Indonesia.

"Setelah stok vaksin (Pfizer) habis, maka kita bisa menggunakan vaksin dalam negeri," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, hari ini.

Wiku berharap vaksin Pfizer yang sudah disebar ke berbagai daerah digunakan dengan baik. Supaya masyarakat semakin terlindungi dari penularan covid-19. Apalagi, stok vaksin covid-19 sempat mengalami kelangkaan.

Wiku menyebut pemerintah sudah siap bila Pfizer habis. Vaksin Indovac dan AWCorna produksi Indonesia siap dipakai dan didistribusikan.

Baca juga: Puncak Varian XBB dan BQ Diperikiran Terjadi Sebulan ke Depan

Presiden Joko Widodo meluncurkan sekaligus meninjau penyuntikan perdana vaksin Covid-19 produksi dalam negeri yaitu Vaksin IndoVac, di pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 13 Oktober 2022. Peresmian ini sekaligus menandakan vaksin ini mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan, untuk tahun ini, Bio Farma dapat memproduksi Indovac kurang lebih 20 juta dosin vaksin.

"Tahun depan bisa 40 juta dan kalau memang pasar masih memerlukan, bisa sampai 120 juta dosis vaksin," ujar Jokowi di lokasi, Kamis, 13 Oktober 2022.(OL-4)

BERITA TERKAIT