11 November 2022, 11:15 WIB

Ibu Hamil, Yuk Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

IBU hamil perlu memperhatikan beberapa tanda yang menandakan bahwa ia akan segera melahirkan. Tanda tersebut biasanya dapat terasa 3 minggu sebelum hari perkiraan lahir hingga 2 minggu setelahnya.

Prediksi hari perkiraan lahir (HPL) dapat diketahui sejak pemeriksaan USG di trimester pertama. Namun, ibu hamil juga dapat melahirkan lebih awal atau mundur beberapa saat dari HPL tersebut.

Baca juga: Ini Tips Mempersiapkan Kelahiran dari Tasya Kamila

Tanda yang bisa terlihat saat ibu akan segera melahirkan dipengaruhi oleh perubahan hormon dan fisik. Perubahan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kontraksi yang semakin sering dan kuat

Pada umumnya, kontraksi terjadi pada beberapa bulan terakhir menjelang persalinan. Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih teratur dan lebih sering. 

Aktivitas dalam tubuh tersebut akan mempersiapkan tubuh saat persalinan agar serviks dapat membesar dan melunak serta memendek dan menipis untuk memungkinkan bayi bergerak menuju jalan lahir. Namun, tidak jarang yang terjadi adalah kontraksi palsu.

Jika kontraksi terjadi secara teratur, semakin kuat, dan sering terjadi. Itu merupakan kontraksi asli tanda ingin melahirkan. 

Sementara itu, kontraksi persalinan palsu terjadi tidak teratur. Kontraksi persalinan asli biasanya berlangsung sekitar 30 hingga 70 detik. 

Kontraksi persalinan asli terus berlanjut terlepas dari bagaimana posisi dan seberapa intens aktivitas ibu hamil saat itu. Kontraksi palsu biasanya berhenti ketika sedang melakukan aktivitas ringan seperti beristirahat, berjalan, atau mengubah posisi.

2. Sulit tidur

Ibu hamil akan merasa gelisah hingga tidak bisa tidur di malam hari karena HPL yang semakin mendekat. Untuk meningkatkan tenaga ketika persalinan berlangsung, ibu hamil harus bisa istirahat yang cukup.

3. Lebih sering buang air kecil

Bayi akan turun ke rongga panggul ibu hamil sehingga rahim akan menekan kandung kemih. Hal tersebut akan membuat ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil. 

Perpindahan posisi bayi menjadi kepala di bawah akan mulai terjadi sekitar 2-4 minggu menjelang HPL. Tidak hanya sering buang air kecil, ibu hamil juga dapat merasakan sakit pinggang bagian bawah.

4. Perubahan emosional

Seperti sedang menstruasi, ibu hamil akan merasakan perubahan emosional beberapa hari sebelum melahirkan.

5. Keluar cairan dari vagina

Tanda yang satu ini biasanya terjadi beberapa menit, jam, atau hari sebelum ibu melahirkan. Cairan yang keluar berupa cairan kental berwarna bening seperti keputihan. 

Pada beberapa ibu hamil, cairan yang keluar akan berwarna merah muda atau kemerahan mirip darah. 

Cairan tersebut awalnya sebagai penyumbat leher rahim atau serviks yang terbentuk di awal kehamilan. Penyumbat tersebut berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab infeksi masuk ke rahim dan menginfeksi calon bayi.

6. Nyeri punggung

Nyeri punggung akan dirasakan ibu hamil saat persalinan semakin dekat. Otot dan persendian akan meregang dan bergeser sebagai persiapan untuk kelahiran. 

Biasanya terjadi di usia trimester 3 kehamilan, ibu hamil akan merasakan nyeri atau kram perut seperti sedang haid, namun rasanya lebih sakit.

7. Air ketuban pecah

Air ketuban akan keluar seperti tetesan air dan berlangsung secara terus-menerus dan tidak beraturan. Biasanya kontraksi akan terjadi terlebih dahulu, kemudian akan diikuti dengan ketuban yang pecah. 

Jika air ketuban sudah pecah, segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan persalinan. (OL-1)

BERITA TERKAIT