11 November 2022, 00:10 WIB

Dokter Paru: Pemeriksaan TBC 60 Ribu Orang Sebulan Jadi Tantangan Besar


M Iqbal Al Machmudi |

RENCANA Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan pemeriksaan TBC untuk 60 ribu orang tiap bulannya di 2023 merupakan tantangan besar. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan dari data-data yang lalu Indonesia belum pernah mencapai notifikasi TB per tahun lebih dari 80% dari estimasi tiap tahun.

"Tentu target yang disampaikan oleh Kemenkes ini suatu tantangan banyak stakeholder dalam penanganan TB dengan target pemeriksaan 60 ribu per bulan maka dalam 1 th diperkirakan 720 ribu atau sekitar 80% dari estimasi kasus per tahun. Tentunya harus diikuti dengan pengobatan sampai sembuh," kata dr Agus saat dihubungi Media Indonesia.

PDPI tentu mendorong semua pihak yang terlibat dalam penanganan TB untuk bahu-membahu mencapai target tersebut supaya eliminasi TB 2030 dapat tercapai. Pihak-pihak mulai dokter, dokter spesialis yang praktek mandiri, puskesmas, klinik, rumah sakit pemerintah maupun swasta harus mendiagnosis TB secara benar, mengobati yang benar sampai dengan tuntas serta wajib melaporkan kasus TB tersebut ke dalam sistem pelaporan Kemenkes supaya tercatat secara nasional.

Kemenkes, dinkes provinsi maupun kabupaten harus membantu dalam mendata semua kasus TB yang ditangani oleh dokter/dokter spesialis di seluruh Indonesia secara aktif.

"Upaya active case finding, dari setiap keluarga yang kontak erat dengan kasus TB aktif harus di galakkan oleh faskes yang didukung oleh dinkes," ujar dr Agus.

Organisasi profesi PB IDI serta organisasi dibawahnya seperti PDPI, PAPDI,IDAI dan lainnya serta organisasi profesi lain yang terlibat dalam penanganan TB tentu harus membina dan mendorong anggotanya untuk mencapai target diagnosis TB 60.000 per bulan. (H-2)

BERITA TERKAIT