10 November 2022, 16:01 WIB

Nadiem Ungkap 144 Ribu Sekolah Terdaftar Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar


Faustinus Nua |

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengapresiasi 144.561 sekolah yang sudah terdaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Menurutnya, sekolah-sekolah tersebut memiliki keinginan yang besar terhadap perubahan dalam sistem kurikulum nasional. Sehingga mereka secara mandiri mendaftar untuk ikut melaksanakan kurikulum baru yang fleksibel itu.

"Untuk implementasi Kurikulum Merdeka, ini angka yang cukup dahsyat 144.561 sekolah sudah terdaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka tanpa dipaksa oleh pemerintah pusat," ucapnya dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, Kamis (10/11).

"Ini adalah voluntary, kecepatan keinginan perubahan ternyata luar biasa, mengejutkan buat kami juga di kemendikbud-Ristek," sambungnya.

Baca juga: Dukung Merdeka Belajar 2045, Penerbit Erlangga Ikuti Pameran IIBF 2022

Nadiem menyebut sambutan sekolah-sekolah terhadap kurikulum baru benar-benar di luar dugaan. Terlepas dari berbagai pro dan kontra, ternyata kurikulum baru itu mendapat tempat dan sangat diminati sekolah.

"Ternyata bergitu banyaknya sekolah-sekolah kita yang ingin melaksanakan kurikulum yang baru, yang lebih fleksibel," ungkapnyaz.

Selain itu, saat ini juga sudah tercatat sebanyak 1.820.690 PTK terdaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 312 ribu PTK pun sudah mengunduh perangkat mengajar pada Platform Mereka Mengajar.(OL-5)

BERITA TERKAIT