09 November 2022, 19:05 WIB

Ladang Lima Dukung Indonesia Jadi Pusat Pangan Gluten Free Dunia


Widhoroso |

LADANG Lima, sebuah brand UKM pionir pangan sehat gluten free berbasis singkong, kembali menyelenggarakan Program Kompetisi Inovasi Produk dan Pendampingan Bisnis Healthypreneur 2022. 

Ajang ini bertujuan untuk mendorong terciptanya lebih banyak variasi pangan gluten free berbahan tepung singkong, mengkurasi calon mitra UMKM yang sesuai untuk masuk ke jaringan pemasaran Ladang Lima, serta mengakselerasi pertumbuhan industri pangan gluten free dengan memberikan dukungan modal usaha bagi para pemenang.

"Bagi kami, ini peluang besar yang harus kita garap maksimal, karena Indonesia diberkati Tuhan dengan singkong yang memang bebas gluten. Melalui Program Healthypreneur ini, kami ingin mendorong pelaku usaha untuk berinovasi menciptakan menu pangan gluten free baru, dan menyiapkan skema yang jelas untuk bergabung dalam jaringan pemasaran kami," jelas Annisa Pratiwi, CMO Ladang Lima dalam keterangan yang diterima, Rabu (9/10).
 
"Kelak kita bisa jadi pusat pangan gluten free dunia dan petani singkong kita pun bisa lebih sejahtera. Ladang Lima ingin proaktif dan terdepan dalam upaya mewujudkan mimpi ini," imbuhnya.

Annisa menambahkan, saat ini Ladang Lima sudah mengekspor produk tepung maupun cookies berbasis singkong nusantara ke lebih dari 10 negara di benua Australia, Eropa, Asia, dan Amerika. Hal ini membuktikan bahwa produk pangan gluten free semakin disukai masyarakat global. "Pangan gluten free lebih sehat dan aman bagi semua kalangan, termasuk orang-orang yang punya diabetes, asam lambung (gerd), atau punya kondisi medis tertentu yang intoleran pada protein gluten yang terkandung pada tepung gandum, rye, dan barley," ungkapnya. 

Di sisi lain, sebagai ajang tahunan yang memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, Healthypreneur 2022 menyiapkan dukungan modal usaha puluhan juta rupiah dan kesempatan masuk ke jalur distribusi Ladang Lima untuk mereka yang menjadi pemenang. 

Keluar sebagai pemenang Ladang Lima Healthypreneur 2022 adalah Stephen Golden Kurniawan, Vegipuff dari Surabaya sebagai juara pertama, Santi Krisantina Hakim, WIZZ sausage dari Banten sebagai juara kedua, Rita Dyana Melati, Cissipizza dari Malang sebagai juara ketiga, Elana Agustin, Kwacis Moms Cookies dari Surabaya sebagai juara Favorite by Taste, dan Anik Purwanti, Ducrija Mush Chi dari Sragen, Jawa Tengah, sebagai juara Favorite by Vote.

"Healthypreneur Ladang Lima adalah pioneer program pendampingan terstruktur dan berkelanjutan untuk wirausaha pangan gluten free. Ini bukti bahwa sebuah bisnis tak perlu menunggu besar untuk mewujudkan tanggung jawab sosial lingkungannya. Dari finalis yang 80% perempuan, kami berharap Healthypreneur bisa menginspirasi banyak anak negeri, khususnya pelaku UMKM dan perempuan yang masih ragu untuk berpartisipasi dalam aktivitas ekonomi produktif," ungkap Annisa. (RO/OL-15)
 

BERITA TERKAIT