08 November 2022, 20:44 WIB

Subvarian XBB Cepat Menular, Kemenkes: Segera Vaksin Booster


Theofilus Ifan Sucipto |

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) kembali mendorong masyarakat segera divaksinasi covid-19 dosis ketiga. Ikhtiar itu untuk merespons karakteristik subvarian Omicron XBB yang lebih cepat menular.

"Segera juga lakukan booster untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat covid-19," kata juru bicara Kemenkes M Syahril dalam keterangan tertulis, hari ini.

Syahril mengatakan Indonesia belum bisa dikatakan aman dari pandemi. Sebab, salah satu penyebab lonjakan kasus covid-19 ialah munculnya varian baru.

"Masyarakat harus mengedepankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan," ujar dia.

Baca juga: Bangun Imunitas Anak Bangsa lewat Kolaborasi Semua Pihak

Syahril menekankan pentingnya memakai masker. Masker berfungsi meminimalkan penularan dan tertular covid-19.

"Kita harus waspada dan selalu proteksi diri," tegas dia.

Selain itu, masyarakat yang terpapar covid-19 diimbau memanfaatkan akses telemedisin isolasi mandiri Kemenkes. Layanan itu memungkinkan pasien berkonsultasi bahkan obat secara gratis.

"Upaya-upaya pencegahan di hulu juga tetap ditegakkan mulai dari kesiapsiagaan rumah sakit,  fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, hingga peningkatan upaya tracing dan testing," ucap dia.(OL-4)

BERITA TERKAIT