04 November 2022, 18:22 WIB

Universitas Groningen Kagumi Fleksibilitas Program Kampus Merdeka


mediaindonesia.com |

PRESIDEN Universitas Groningen Prof Jouke de Vries mengaku kagum dengan fleksibilitas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Fleksibilitas yang ingin diciptakan kementerian untuk mahasiswa dalam MBKM merupakan sesuatu yang ingin kami capai di Universitas  Groningen," ujar Vries dalam keterangannya seperti dilansir Antara di Jakarta, Jumat (4/11).

Dia mengagumi pemerintah Indonesia yang mengembangkan visi MBKM dan berbagai elemen di dalamnya seperti mikrokredensial dan mobilitas mahasiswa Indonesia ke dunia internasional (IISMA).

"Kami juga menyambut baik tawaran dari Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) untuk berinteraksi lebih lanjut misalnya melalui pusat penelitian bersama atau kolaborasi gelar," katanya.


Baca juga: Percepat Transformasi Digital, Kominfo Gelar Seminar Nasional Pendidikan


Menurut Vries, kerja sama tersebut terutama dalam tema prioritas yang terkait dengan energi dan iklim, kesehatan masyarakat, digitalisasi dan kecerdasan buatan, dan keberlanjutan serta ekonomi sirkular.

Dia menjelaskan Indonesia telah menjadi mitra yang kuat selama beberapa dekade. Bagi Universitas Groningen yang termasuk ke dalam 100 universitas top global, dengan dunia yang kembali terbuka setelah pandemi global, inilah saatnya untuk terhubung kembali bertatap muka dengan mitra internasionalnya.

"Bagi kami, keputusan untuk berkunjung ke Indonesia terlebih dahulu adalah hal yang lumrah, karena kemitraan kami dengan Indonesia telah berlangsung lama dan sukses," terang Vries.

Ia menjelaskan, tujuan berkolaborasi dengan Indonesia adalah karena ingin menciptakan peluang bagi mahasiswa dan peneliti untuk bekerja sama baik di Indonesia maupun di Belanda.

Selama sepekan, delegasi dari Universitas Groningen mengunjungi sejumlah pemangku kepentingan dan perguruan tinggi di Indonesia untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dan Belanda. (Ant/OL-16)

 

BERITA TERKAIT