03 November 2022, 20:52 WIB

BMKG: Siklon Tropis 93S Berpotensi Timbulkan Cuaca Ekstrem


Atalya Puspa |

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya bibit Siklon Tropis 93S di Samudera Hindia sebelah barat. Adapun bibit siklon bergerak dengan kecepatan angin maksimum 20-25 knots dan tekanan udar 1.004 mb.

"Diperkirakan, potensi bibit Siklon Tropis 93S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan, berada dalam kategori sedang," jelas Kepala Pusat Meteorologi Publik Fachri Radjab, Kamis (3/11).

Baca juga: Fenomena Bulan Baru Picu Banjir Rob hingga Akhir Tahun 2022

Menurut Fachri, bibit siklon tersebut akan memberikan pengaruh ke sejumlah wilayah, yakni potensi hujan sedang sampai lebat disertai angin kencang. 

Sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak ialah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten dan Jawa Barat. "bibit Siklon Tropis 93S juga berpengaruh pada tinggi gelombang di sejumlah wilayah," imbuhnya.

Baca juga: Intensitas Hujan Tinggi, Ini Tanda-Tanda Tanah bakal Alami Longsor

Potensi gelombang laut tinggi 1,25-2,5 meter diperkirakan terjadi di perairan timur Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai dan Teluk Lampung bagian selatan. Lalu, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan barat Aceh.

Kemudian, perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan barat pulau Enggano hingga Bengkulu. Serta, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Barat.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT