03 November 2022, 20:50 WIB

Dorong Hilirisasi Inovasi, INNOPA Menggelar Indonesia Inventors Day 2022 di Bali


Mediaindonesia.com |

INDONESIA Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), asosiasi yang mewadahi inovator Indonesia, kembali menggelar ajang pameran dan kompetisi inovasi internasional bertajuk “Indonesia Inventors Day 2022” di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana, Bali.. Acara yang mengusung tema “INNOFUNTION FOR EVERYONE” kali ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali I Made Gunaja 

Penyelenggaraan Indonesia Inventors Day 2022 yang dilakukan secara hybrid diikuti oleh 352 karya inovasi yang ditampilkan dari 32 negara, serta 7 negara yang hadir secara fisik yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Kazakhstan, Mesir dan Palestina. 

Melalui kegiatan itu diharapkan kedepannya akan lebih banyak produk inovasi buatan Indonesia yang bisa hadir di masyarakat lokal maupun global. 

Ketua INNOPA, Erricha Insan Pratisi menjelaskan, Indonesia Inventors Day 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan ke-9 kalinya sebagai bentuk apresiasi terhadap para inovator yang telah menciptakan produk inovasi, sekaligus menjadi ajang pertemuan para inovator muda dari berbagai negara untuk saling berbagi pengetahuan seputar inovasi. 

"Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menginisiasi proses hilirisasi dari berbagai produk-produk inovasi buatan inovator muda anak bangsa,: ujarnya. 

Baca juga : BRIN, RMU Kolaborasi Riset demi Restorasi Ekosistem Hutan Gambut

Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan Indonesia Inventors Day 2022 bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang nantinya diharapkan akan memberikan kesempatan kepada para inovator muda untuk berkolaborasi dengan periset yang ada di BRIN untuk mematangkan produknya melalui sistem inkubasi. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Univeritas Udayana Ngakan Putu Gede Suardana mengatakan, kegiatan itu merupakan kerja sama antara INNOPA dan Universitas Udayana. Ia mengapresiasi diadakannya kegiatan Kompetisi inovasi internasional yang merupakan salah satu bentuk hilirisasi dari berbagai riset dan pameran produk-produk unggulan. 

"Diharapkan acara Indonesia Inventors Day dapat terselenggarakan setiap tahun nya di Universitas Udayana serta hasil riset dosen juga bisa dipamaerkan maupun di kompetisikan dalam kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari peserta karena disini pasti akan terjadi sharing pengetahuan untuk kita bersama," ujarna.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali I Made Gunaja mengucapkan terima kasih kepada President INNOPA karena telah memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. 

“Riset dan inovasi daerah kedepannya akan didorong menjadi Center of Excellent untuk terwujudnya pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi, yakni sebagai pusat riset dan inovasi terintegrasi yang mampu menghasilkan pembaruan dan penemuan baru untuk mampu menjawab tuntutan kebutuhan dan harapan di masa mendatang,” pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT