29 October 2022, 20:16 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Dampak Siklon Tropis Nalgae


Naufal Zuhdi |

SIKLON Tropis NALGAE terpantau di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 knot dan tekanan udara minimum 994 milibar yang bergerak ke arah barat barat laut.

Sistem ini membentuk daerah peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang terpantau memanjang dari perairan timur Filipina bagian utara hingga Samudra Pasifik timur Filipina dan dari perairan Kep. Sangihe-Talaud hingga Laut Filipina bagian timur.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan bahwa intensitas sistem tersebut akan menguat dan memiliki potensi tumbuh menjadi siklon tropis.

"Sistem ini diprakirakan akan menguat intensitasnya dalam 24 jam ke depan. Sistem ini memiliki potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori tinggi. Sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Samudra Pasifik utara Papua," terang Miming dikutip pada Sabtu (29/10).

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis/bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet tersebut," lanjutnya.

Kemudian miming memaparkan provinsi-provinsi di Indonesia yang diprakirakan berpotensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada besok, Minggu 30 Oktober.

"Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepualauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Papua Barat, dan Papua," jelas Miming.

Sedangkan untuk wilayah yang diprakirakan berpotensi terjadi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang ada di provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Untuk wilayah provinsi Banten, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat diprakirakan berpotensi terjadi angin kencang. (OL-4)

BERITA TERKAIT