25 October 2022, 13:39 WIB

BMKG Imbau Masyarakat Siaga Akan Bencana Cuaca Ekstrem


Dinda Shabrina |

Saat ini sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Sebagian wilayah lain dalam transisi musim dari kemarau ke musim penghujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan daerah yang sebagian besar ada di Sumatra, Kalimantan dan Jawa, serta sebagian Bali, NTB, Sulawesi bagian selatan dan Papua telah terdampak bencana akibat cuaca ekstrem berupa banjir, puting beliung, angin kencang, maupun tanah longsor.

Prakirawan Cuaca BMKG Iqbal Fathoni mengatakan dalam beberapa hari ke depan, potensi cuaca ekstrim tersebut masih terdapat di sebagian wilayah Indonesia, antara lain di Sebagian besar wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali dan NTB.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang, gelombang tinggi, dan lainnya, dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang,” kata Iqbal kepada Media Indonesia, Selasa (25/10).

Iqbal juga meminta agar masyarakat tetap tenang dan tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu dapat terjadi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana banjir atau banjir bandang.

“Masyarakat dihimbau agar dapat mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi resiko bencana tersebut misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, menata lingkungannya, dan sebagainya,” jelas Iqbal.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap mengupdate informasi prakiraan cuaca beserta potensi banjir yang dikeluarkan BMKG melalui website, akun sosial media resmi yang dikelola BMKG, serta dapat langsung datang ke kantor BMKG yang terdapat pada tiap-tiap provinsi di Indonesia untuk mengetahui kondisi cuaca dan prediksi cuaca ke depan.

“BMKG selalu mengupdate provinsi dengan status SIAGA dampak hujan lebat, akan rutin kami update setiap hari. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses signature.bmkg.go.id,” tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT