23 October 2022, 06:56 WIB

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sebagian Besar Wilayah Indonesia


mediaindonesia.com |

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan adanya potensi hujan lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang pada hari ini di sebagian besar wilayah Indonesia.

Dalam peringatan dini BMKG yang diakses dari Jakarta pada Minggu (23/10), hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur,

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, Bali dan Sulawesi Tengah dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Beberapa kota besar yang dapat mengalami hujan seperti Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, Mamuju, Manado, Padang dan Medan.

Baca juga: BMKG: Siklon Tropis Nesat Berdampak pada Gelombang Laut Natuna Utara

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Hujan ringan di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang hari, Jakarta Selatan dan Timur pada malam hari serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG memperingatkan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur masuk dalam siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Provinsi lain yang masuk dalam kategori waspada seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, D.I. Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT