14 October 2022, 12:50 WIB

BMKG Prediksi Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat


Naufal Zuhdi |

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan bahwa terjadi sirkulasi daerah-daerah konvergensi membuat potensi tumbuhnya awan hujan.

"Daerah konvergensi memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Samudra Hindia barat Lampung - Bengkulu, dari Jambi hingga Laut China Selatan, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga utara Jawa Barat, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Timur, di Laut China Selatan, dari Sulawesi Selatan dan Tenggara hingga Teluk Tomini, dari Laut Timor hingga Laut Sawu, dari Papua Nugini hingga Papua Barat, dan di Papua," ujarnya lewat keterangan resmi pada Jumat (14/10).

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," tambah dia.

Baca juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Akan Terjadi Sampai Awal 2023

Miming menjelaskan bahwa untuk esok hari, hampir seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Wilayah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat akan berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," jelasnya.

Sedangkan wilayah DKI Jakarta diprediksi berpotensi mengalami hujan dengan intensitas rendah namun tetap diikuti dengan kilat/petir dan angin kenang. (Fal/OL-09)

BERITA TERKAIT