11 October 2022, 20:35 WIB

Perbedaan Hari Ayah Sedunia dan Nasional


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

HARI Ayah Sedunia jatuh pada 19 Juni. Hari Ayah Nasional jatuh pada 12 November. Kedua hari ayah tersebut dirayakan pada tanggal yang berbeda.

Hari Ayah Sedunia dicetuskan oleh seorang anak bernama Sonora Smart Dodd pada Mei 1909 di gereja saat ia mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Sang ayah bernama William Jackson Smart ialah seorang veteran perang sipil. 

Istri William atau Ibu Dodd telah meninggal. William seorang diri yang mengurus Dodd beserta lima saudaranya. 

Pada awalnya Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada hari ulang tahun ayahnya yaitu 5 Juni. Bahkan ia pernah mengajukan petisi agar 5 Juni diakui di kotanya sebagai Hari Ayah Sedunia. 

Lalu pada 19 Juni 1910, berdasarkan Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung, akhirnya Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan. Berdasarkan Perpustakaan Kongres Amerika Serikat, tertulis bahwa Hari Ayah diresmikan pada 1966 oleh Presiden Lyndon Johnson sebagai presiden ke-36.

Kemudian Presiden Richard Nixon meresmikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur pada 1972. Presiden Richard Nixon menandatangani Undang-Undang Publik yang menjadikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur.

Hari Ayah Nasional merupakan gagasan dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) dan pertama kali dideklarasikan di Solo pada 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jadi, jangan salah hari dalam merayakan dua hari ayah tersebut. Ucapkanlah ucapan hari ayah yang sesuai. (OL-14)

BERITA TERKAIT