29 September 2022, 19:01 WIB

Menkes: 250 Ribu Vaksin Meningitis akan Tersedia pada Oktober


M. Iqbal Al Machmudi |

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa stok 250 ribu vaksin Meningitis Meningokokus (MM) tersedia pada awal Oktober 2022.

"Vaksin meningitis nanti di awal Oktober ada 250 ribu. Sudah dapat persetujuan BPOM," ungkap Menkes, Kamis (29/9).

Kementerian Kesehatan mengupayakan normalisasi stok vaksin MM bagi pelaku perjalanan, termasuk calon jemaah haji dan umrah. Mengingat, vaksin MM merupakan syarat wajib bagi pelaku perjalanan ke Arab Saudi.

Baca juga: Vaksin Meningitis Langka, Jemaah Umrah Jangan Sampai Terlantar

Upaya pemenuhan mulai dari identifikasi kondisi stok vaksin MM di seluruh Indonesia. Baik yang ada di Dinas Kesehatan maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Serta, relokasi stok vaksin ke KKP dengan tingkat layanan vaksinasi yang banyak sasaran.

Budi menyebut kementeriannya juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Seperti, Kementerian Agama, serta Asosiasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Dalam hal ini, menyampaikan pentingnya pelaksanaan vaksinasi MM dan kondisi terkini layanan vaksinasi swasta.

Baca juga: Vaksin Rabies Gratis Sambut Hari Rabies Sedunia

Adapun pelayanan vaksinasi diprioritaskan bagi jemaah yang waktu berangkatnya sudah dekat. Sehingga, para calon jemaah haji atau umrah mendapatkan waktu yang cukup untuk pembentukan antibodi.

"Kementerian Kesehatan juga berkoordinasi dengan PT Biofarma dan BPOM untuk memenuhi kebutuhan vaksin MM," tutup Budi.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT