27 September 2022, 16:56 WIB

Stok Vaksin Meningitis Kosong


M. Iqbal Al Machmudi |

VAKSIN meningitis sebagai syarat untuk pergi ke Tanah Suci saat ini kosong atau stoknya sedikit, hal ini tentunya menyebabkan jemaah umrah Indonesia yang mau berangkat ke Arab Saudi terhambat.

Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina mengatakan kerabatnya yang ingin melakukan perjalanan ibadah umrah sulit mendapatkan vaksin ini.

Baca juga: IPK Indonesia: Psikolog Klinis Dapat Diakses di Seluruh Indonesia

"Beberapa hari ini keluarga saya mau umrah sulit mendapatkan vaksin meningitis," kata Arzeti dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Badan POM di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

Alhasil banyak jemaah umrah yang ingin berangkat ibadah umrah tidak dapat mendapatkan pelayanan ini.

Dirinya menyampaikan bahwa Dirjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga sudah mengatakan bahwa posisi vaksin meningitis sedang menunggu izin edar dari Badan POM.

"Bahkan Kementerian Kesehatan meminta kepada Komisi IX DPR RI untuk menyampaikan ke Badan POM agar rilis vaksin ini dibuat cepat," ujarnya.

"Yang biasanya mereka harus menunggu 3-4 minggu kalau bisa disegerakan 3-4 hari saja karena masyarakat saat ini sangat butuh vaksin meninigitis," sambungnya.

Oleh karena itu dibutuhkan informasi dari Badan POM dengan cepat. Dirinya mengkhawatirkan izin untuk vaksin covid-19 keluar, sementara untuk vaksin meningitis dibiarkan kosong padahal sama-sama penting. (OL-6)

BERITA TERKAIT