27 September 2022, 11:10 WIB

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton


Andhika Prasetyo |

Presiden Joko Widodo dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara oleh Kesultanan Buton, Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9).

Perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal, menjelaskan bahwa gelar tersebut memiliki makna seorang laki-laki yang bersikap dan berperilaku mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan.

"Serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia),” kata La Ode Muhamad Arsal.

Dalam pemberian gelar tersebut, Presiden mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam, lengkap dengan peci dan tongkat.

Selepas prosesi dilaksanakan, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa atas pemberian gelar tersebut. “Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara,” tutur Jokowi.

Kepala Negara juga memberi apresiasi tinggi kepada Kesultanan Buton yang terus memelihara dan menjaga kearifan lokal di tengah modernisasi dan derasnya budaya asing.

“Saya sangat menghargai dirawatnya, dipeliharanya adat, dipeliharanya tradisi, dirawatnya kearifan-kearifan lokal di Kesultanan Buton ini. Meskipun modernisasi, budaya asing yang terus menggerogoti budaya-budaya kita, tapi saya melihat adat, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat di Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara,” ucapnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT