26 September 2022, 21:15 WIB

SBM ITB Latih Pelaku UKM di Jawa Barat


Naviandri |

 
SEKOLAH Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB menggelar klinik pelatihan untuk UKM di Jawa Barat. Pada 2022 ini, mereka telah delapan kali melaksanakan kegiatan itu.

"Selama 6 tahun beroperasi Thegreaterhub SBM IB telah membuat banyak program. Tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga pelaku bisnis di luar ITB," kata Direktur Thegreaterhub SBM ITB, Dina Dellyana, di Bandung,  Senin (26/).

Thegreaterhub, lanjutnya, merasa perlu mengembangkan fasilitasnya untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi antara pelaku kreatif dan pelaku bisnis di Jawa Barat.

"Salah satu pengembangan fasilitas yang diberikan oleh Thegreaterhub
adalah Coaching Clinic untuk UKM Jabar. Kami berusaha mempertemukan UKM dengan mahasiswa MBA ITB sebagai coach sehingga diharapkan mampu meningkatkan potensi UKM di Jabar," jelasnya.

Menurut Dina, dalam rangka meningkatkan pemberian manfaat seperti
beberapa hal berikut ini yaitu meningkatkan kemampuan manajerial di
berbagai aspek seperti pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasi
dan pengelolaan sumber daya manusia, meningkatkan kemampuan branding dan digital marketing.

Dalam bisnis juga diterapkan bisnis e-commerce, memahami proses inovasi dan pengembangan produk berkelanjutan dan memahami konsep dan perencanaan bisnis e-commerce. Thegreaterhub (www.thegreaterhub.id) SBM ITB bekerja  sama dengan Program Studi Master of Business Administration SBM ITB dan Shopee melaksanakan Coaching Clinic UKM JABAR 2022.

"Sampai saat ini sebanyak 318 UKM dari berbagai jenis bisnis seperti
fesyen, kraft, services, pendidikan dan kuliner telah mendaftar. Selain
itu kami juga menyediakan 15 coach dari MBA ITB yang terdiri dari
berbagai keahlian seperti pemasaran, keuangan, manajeman operasi dan
manajemen sumber daya manusia (SDM)," lanjutnya.

Pembukaan Coaching Clinic 2022 ini, lanjut Dina berbarengan dengan
peluncuran buku Childpreneurship.

Setelah  itu dilanjutkan dengan sharing session mengenai potensi dan tata cara export UMKM Indonesia oleh Irham Amir selaku Export Specialist dan Chief International Relation Officer at Aspenku dan sharing session dari perwakilan Shopee Indonesia, yang diselenggarakan di Amphiteather 1 MBA ITB, Jalan Gelap Nyawang, Kota Bandung, pada Jumat (23/9). (N-2)

BERITA TERKAIT