24 September 2022, 15:21 WIB

The Jakarta Dog Show 2022 Jadi Ajang Edukasi Merawat Hewan Peliharaan


Mediaindonesia.com |

ANJING merupakan salah satu binatang peliharaan yang paling diminati. Meski demikian, masih ada yang belum bisa merawat anjing dengan baik, terutama pada anjing ras besar. Masih ada anjing peliharaan yang ditemukan mengalami masalah kulit dan terlantar.

Ajang The Jakarta Dog Show 2022 yang digelar di Mall@Alam Sutera, Tangerang, Banten, 24-25 September, menjadi salah satu upaya edukasi perawatan anjing dengan baik oleh Komunitas Malamute Husky Indonesia (KMHI) dan Samoyed Social Club (SSC), dan Perkumpulan Kinologi Indonesia (PERKIN). 

Ketua Penyelenggara The Jakarta Dog Show 2022 Susy Suryani mengatakan, ajang yang diikuti 170 peserta dari berbagai wilayah Indonesia itu, diharapkan memacu pecinta dan paw parents (pemilik anjing) untuk semakin giat merawat hewan peliharaannya. 

"Dengan ajang ini, kita berharap para peserta juga berlomba untuk merawat (hewan peliharaan) lebih baik lagi. Perlombaan seperti ini juga akan digiatkan agar para dog lover semakin semangat untuk memamerkan hasil perawatannya," ujar Susy. 

The Jakarta Dog Show 2022 terdiri dari dua ajang, yaitu National Dog Show yang merupakan perlombaan dan pameran anjing trah terbaik dan Fun Dog Festival yang dapat diikuti semua jenis anjing oet (anjing rumahan), termasuk mix-breed. 

Baca juga : Dear Pecinta Hewan Peliharaan, Yuk Ikut The Jakarta Dog Show 2022

Dalam ajang Fun Dog Festival memperebutkan hadiah total Rp90 juta dari lima kategori lomba yang diadakan, yaitu lomba menghabiskan makanan, come to pawrent (beradu cepat datang ke pemilik melewati sejumlah rintangan), obedisence (kepatuhan), fashion show (peragaan busana unik), dan dansa. 

Selain perlombaan, The Jakarta Dog Show 2022 juga menghadirkan bazaar dan diskusi (talk show) yang menampilkan sejumlah bintang tamu, salah satu topik pembahasan ialah cara membentuk love connecttion antara hewan peliharaan dan paw parents. The Jakarta Dog Show juga menyediakan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis bersama drh. Zulfa Ichsanniyati

Susy menambahkan, edukasi mengenai cara merawat hewan peliharaan juga terus dilakukan pihaknya dengan melakukan pendampingan, termasuk terhadap dog lover pemula, terutama pada anjing ras besar (large breed) yang rentan 

"Plus kita juga ada tim rescue untuk menolong anjing-anjing telantar dan sakit yang nantinya akan kita rawat, hingga nantinya kita carikan paw parent juga," pungkaa Susy. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT