23 September 2022, 01:11 WIB

WHO: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir


Widhoroso |

KEPALA Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (22/9) memperingatkan bahwa menyatakan krisis pandemi Covid-19 masih jauh dari akhir.

Pekan lalu, Tedros mengatakan bahwa dunia tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi Covid-19 dan menyebut akhir pandemi sudah di depan mata. Setelah itu, Presiden AS Joe Biden dalam sebuah wawancara yang disiarkan menyatakan pandemi Covid-19 di Amerika Serikat sudah berakhir.

Namun, di sela-sela Majelis Umum PBB di New York, Tedros 'meralat; pernyataannya dengan mengatakan bahwa 'mampu melihat akhir, tidak berarti kita berada di akhir'. Dia menegaskan kembali bahwa dunia berada dalam posisi terbaik untuk mengakhiri pandemi Covid-19 yang ditandai dengan jumlah kematian mingguan yang terus menurun.

Tedros menunjukkan bahwa dua pertiga populasi dunia telah divaksinasi, termasuk tiga perempat petugas kesehatan dan orang tua. "Kami telah menghabiskan dua setengah tahun di terowongan yang panjang dan gelap, dan kami baru saja mulai melihat cahaya di ujung terowongan itu," katanya.

Tapi, dia menekankan, 'ujung terowongan' itu itu masih jauh dan gelap, dengan banyak rintangan yang bisa membuat tersandung jika tidak berhati-hati."Kita masih di dalam terowongan," jelasnya. (AFP/OL-15)

 

BERITA TERKAIT